Percepat Informasi dan Optimalisasi Layanan, PDAM Kota Malang Luncurkan TCC
Wali Kota Malang saat hadiri acara peluncuran program TCC PDAM Kota Malang (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Setelah penetapan program dan melewati masa penantian 10 tahun lamanya, akhirnya Pemerintah Kota Malang secara resmi meluncurkan program dan aplikasi sistem Total Water Utility Integrated Network (TWUIN) Command Center atau TCC, yang merupakan milik dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang.

TWUIN adalah sistem teknologi informasi yang terintegrasi, yang memiliki empat modul utama yang tercantum di dalam program. Empat modul utama itu adalah water utility integrated network, customer information system, utility administration system, dan geographical information system.

Wali Kota Malang Sutiaji yang turut meresmikan program PDAM Kota Malang tersebut mengatakan jika TCC adalah suatu terobosan perkembangan teknologi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Sutiaji menyebut jika hal ini adalah upaya mewujudkan optimalisasi performa kinerja operasional perusahaan yang cepat, tepat, efisien dan efektif, mengingat layanan kepada masyarakat adalah point terpenting khususnya diera industri 4.0 seperti sekarang ini.

“TCC memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya mewujudkan optimalisasi performa kinerja operasional perusahaan,” terang Sutiaji, Jumat (14/12/2018).

Di sisi lain, Pjs Direktur PDAM Kota Malang Anita Sari mengatakan, dalam TWUIN command center yang dibangun, memiliki perangkat yang menampilkan semua informasi data dengan jelas melalui video wall.

“Sebagai penyelenggara pelayanan air bersih di wilayah Kota Malang PDAM Kota Malang juga dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien,” terang Anita Sari.

Dengan tiga shift petugas, TCC ini akan beroperasi selama 24 jam yang beroperasi di semua layanan. Baik produksi maupun distribusi air bakal terpantau dari satu sistem.

Dengan adanya layanan ini, diharapkan ketika ada problematika bisa segera diketahui dan segera diambil tindakan, begitupun juga keluhan dari masyarakat bisa segera tertangani dengan cepat dan efisien.


Reporter: Andika Fajar
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.