Mobil Hemat Energi ITN (Yoga)

MALANGTODAY.NET – Tim UART Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, siap mengikuti kompetisi Cheel Eco Marathon Asia yang akan berlangsung di Singapore 15-19 Maret mendatang.

‪Tim dari Mahasiswa Mesin ITN itu, meluncurkan mobil hemat energinya pada Rabu (15/02) siang. Proses pembuatan mobil itu, dimulainya sejak pertengahan 2016 lalu dan dinyatakan lolos bersama dua kampus lain dari Malang yakni UMM dan UB.

‪Mengenai spesifikasi mobil itu sendiri, mereka belum membocorkan karena lomba masih belum mereka lalui. Yang jelas disebutkan, jika penyelenggaraan event tersebut adalah melakukan penilain terhadap mobil yang paling hemat bahan bakar.

‪”Karena kita masih mau berlomba jadi belum kita berikan speknya. Kalau yang diunggulkan pastinya efisiensi karena sesuai ketentuan lomba. Juara akan diraih oleh mobil yang irit,” ujar Manajer Tim Annisa.

‪Untuk itu, timnya membuat mobil ini dengan melakukan inovasi baik dari rangka maupun mesin agar bahan bakar yang dihabiskan bisa seminimal mungkin.

‪”Pada perlombaan sebelumnya kita mendapat Juara 3 tingkat Nasional dengan  1 liter bensin menempuh 83,3 km. Untuk mobil baru ini yang pasti bisa mendapatkan jarak sejauh mungkin dari sebelumnya,” tambahnya.

‪Sementara itu, Rektor ITN Malang sangat mendukung dengan kreatifitas mahasiswanya itu dan berharap bisa mendapatkan prestasi yang membanggakan.

‪”Setiap ada even kemahasiswaan kami selalu memberikan support. Apalagi sebelumnya anak-anak sudah mampu meraih prestasi tingkat nasional. Ada mobil irit dan juga kapal cepat tak berawak,” kata Rektor ITN

‪Ia juga meminta agar mahasiswa itu selalu melakukan inovasi dan mempersiapkan semuanya. Tentunya dengan mekanisme dan prosedur yang dilakukan dengan baik dan legal.

‪Saya ingin mereka mencari tau bagaimana keunggulan dari apa yang mereka buat. Untuk mengikuti lomba ini kami sudah budget-kan sekitar 500 juta,” sambungnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here