Untuk Meminimalisir Pasien, Mahasiswa UM Cipttakan Aplikasi Diabetes Militus Detector.
Aplikasi Diabetes Detector (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Aplikasi pendeteksi penyakit diabetes militus (DM) hasil karya dua mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika (TI) Universitas Negeri Malang (UM), Deri Armanda bersama rekannya, Ahmad Nuftah Primordi menjadi primadona dalam ‘Pameran Untuk Negeri’ yang dilaksanakan di Gedung Sasana Krida UM, Kamis, (18/10/2018).

“Ini adalah aplikasi mobile untuk mendeteksi penyakit diabetes militus,” ujar Deri saat ditemui reporter MalangTODAY.net.

Baca Juga: Pemkot Malang Bertekad Bangun Pendidikan Karakter Anak

Dijelaskan oleh Deri, cara pemakaian aplikasi yang merupakan lanjutan dari jurnal Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Drg. Rara Warih Gayatri, M.PH ini tergolong mudah, karena user yang ingin menggunakan aplikasi ini tidak harus log in.

“User tidak perlu log in, langsung klik aplikasinya, klik ‘cek deteksi sekarang’ kemudian user harus mengisi kuisioner yang disediakan,” jelasnya.

Dari hasil data kuisioner yang diisi, user akan menerima hasil presentase seberapa besar user berpotensi menderita penyakit tersebut, sekaligus rekomendasi akan apa yang harus dilakukan jika user terdeteksi menderita diabetes.

Baca Juga: Ditinggal Nonton TV, Dapur Rumah Warga Ampelgading Hangus Terbakar

Lebih lanjut Deri menjelaskan aplikasi ini bisa mengklasifikasi daerah yang masyarakatnya berpotensi menderita Diabetes.

“Dari data yang diisi, akan ter-upload, dan dari situ dapat diketahui daerah mana yang berpotensi terkena diabet,” katanya.

Baca Juga: Gak Becus Memoles, 5 Pemain Ini Baru Sukses Setelah Tinggalkan AC Milan

Melalui data tersebut, akan diketahui dengan mudah daerah yang berpotensi, sehingga dari praktisi kesehatan akan melakukan penyuluhan, sehingga diharapkan dapat meminimalisir penderita penyakit ini pada masa akan datang.


Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Swara Mardika

Loading...