Band 3 Nada and friends, yang beranggotakan bocah-bocah asal Kota Malang yang telah sukses launching mini albumnya (Faj)
Band 3 Nada and friends, yang beranggotakan bocah-bocah asal Kota Malang yang telah sukses launching mini albumnya (Faj)

MALANGTODAY.NET – Segudang potensi seni yang dimiliki Kota Malang tentunya tak perlu diragukan lagi, khususnya di bidang seni musik. Seperti salah satu band cilik asal Malang bernama ‘3 Nada and Friends’ ini. Band yang beranggotakan 6 anak-anak ini telah meluncurkan mini album berjudul ‘Sebuah Langkah Awal’.

Isa Aprilia selaku Manager Launching 3 Nada and Friends menceritakan bahwa band cilik bergenre rock tersebut telah ada sejak empat tahun lalu. Pada mulanya band ini hanya sekadar men-cover lagu-lagu sebelum akhirnya pada 2019 mampu meluncurkan karya perdananya.

“Masing-masing personalnya ada bintang di drum, ada Nana dan Dzaki di vokal, ada Tirta di Keyboard, ada Gisel di Gitar dan ada Bulan di Bass. Kalau mulai mengembang sejak mereka usia TK. 3 Nada and Friends sudah empat tahun. Mereka cover lagu-lagu rock saja; baru berani di tahun 2019 ini kita meluncurkan karya. Kalau liriknya mereka sendiri. Jadi kalau untuk arangernya ada Norman, Unyep dan juga guru,” ujarnya saat ditemui di Anang Five Lounge Terrace, Minggu (24/3/2019).

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bagaimana adik-adik belia ini sudah mampu membuat mini album. Menurutnya album awal tersebut dibuat terinspirasi dari kenangan masa kecil mereka sebelum memasuki usia remajanya.

“Ini pijakan baru sebelum remaja. Jadi kenangan indah semasa mereka kecil kita ungkapkan di album Sebuah Langkah Awal, 3 Nada and Friends ini. Satu album berisi tiga lagi baru. Lagu pertama ‘Hey’ merupakan ajakan untuk teman-teman agar mempedulikan satu sama lain. Yang kedua ‘Kenangan Indah’ mengajak teman-teman mengingat masa kecilnya. Ketiga ‘Dengarkanlah Doaku’ bercerita tentang rasa syukur mempunyai orang tua yang sudah merawat dari kecil hingga menjadikannya seperti ini,” jelas wanita yang sering disapa kak Ica tersebut.

Pemilihan Genre Rock

Ketika ditanya soal alasan gendre rock yang dibawa band 3 Nada and Friends, Ica menjelaskan bahwa memang adik-adik personil band ini sendiri yang memilih rock sebagai gendrenya.

“Kita berusaha dan mendukung anak-anak untuk menciptakan karya. 40 persen didirect dan 60 persen memainkan sendiri. Sebenarnya di sekolah musik kami mengenalkan berbagi macam genre, tetapi yang dipilih itu rock,” katanya.

Masih kata Ica, band ini pun tak hanya sekadar menyajikan lagu-lagu saja, namun juga sebagai media menyuarakan agar mengurangi ketergantungan atas gadget khususnya dikalangan anak-anak diusia belia seperti para personil band ini.

“Harapan ke depannya mereka anak-anak 3 Nada and Friends ini mengajak teman-temannya untuk mengurangi ketergantungan kepada gadget. Setiap kali main mereka selalu mengajak, ayo teman-teman kita kurangi ketergantungan kepada gadget. Jadi mereka mengisi waktu luang dengan hal yang positif,” harapnya.

Menginspirasi Banyak Orang

Senada dengan penjelasan Ica, masih tentang band 3 Nada and Friends, Produser Music, Norman C-Four, menjelaskan bahwa secara keseluruhan timnya berkontribusi sebesar 40% dari lagu yang tercipta dan sisanya adalah murni dari para personil band. Ia pun menilai dengan adanya karya dari adik-adik ini dapat mendongkrak minat musik di Kota Malang, khususnya para generasi muda untuk belajar musik.

“Kalau saya pikir dengan adanya karya ini sudah cukup. Apalagi minat musik di Malang sudah menurun hal ini terlihat dalam kecilnya orang untuk masuk dalam kursus musik,” jelasnya.

Di sisi lain pembuat video klip dari 3 Nada and Friends, Eko Polenk dari Hypno Creative Media, mengungkapkan butuh dua hari dan dua spot lokasi yang berbeda untuk merampungkan sesi pengambilan gambar. Selain itu menurutnya butuh olah rasa yang kuat untuk menjadikan video klip ini agar pesan dalam lagu adik-adik ini dapat tersampaikan dengan baik.

“Maka melalui video klip ini berpesan, ayo kita semangat dalam hidup ini dan orang tua sangat penting untuk memberikan kebahagiaan pada masa kecil. Harapan ke depan sebetulnya untuk 3 Nada and Friends untuk lebih semangat lagi dan bisa menginspirasi teman-teman yang masih kecil,” tandasnya. (Faj/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.