Masyarakat Blimbing Diminta Galakkan Pos Kamling
Kapolsek Blimbing Kompol Slamet (kanan) bersama Kapolsek Sukun Kompol Anang Tri Hananta saat ditemui awak media @MALANGTODAY/ Rahmat Mashudi Prayoga

MALANGTODAY.NET – Permasalahan keamanan diharapakan bukanlah menjadi tanggung jawab pihak kepolisian semata, melainkan semua pihak termasuk masyarakat. Untuk itu, Kapolsek Blimbing, Komisaris Polisi (Kompol) Slamet Riadi meminta agar masyarakat juga bisa membantu kepolisian di wilayahnya.

“Jadi masyarakat juga harus bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Misalkan, memarkir kendaraan roda dua di dalam rumah dan bukan di teras rumah tanpa pengamanan ganda. Dengan begitu mereka bisa mengantisipasi agar tidak menjadi korban kejahatan, ” jelas Slamet, sapaan akrabnya.

Apalagi, lanjut dia, Kecamatan Blimbing berada di sisi paling utara yang menjadi pintu masuk masyarakat ke kota Malang. “Kami harapkan mampu menekan angka kriminalitas,” lanjutnya.

Sebab selama ini, pihaknya masih belum mampu tertangani sesuai target dari total kejadian kriminalitas (crime index) yang terjadi di Kecamatan Blimbing.

“Target dari pimpinan yaitu 60% dan kita masih mampu tercapai 40% saja. Untuk itu ayo hidupkan lagi pam swakarsa dan pos-pos kamling dengan bantuan RT-RW agar mengantisipasi antara niat dan kesempatan tidak bertemu,” tandasnya.

Hingga saat ini, personil di Polsek Blimbing memanng terbatas, yakni tercatat sebanyak 82 personil. Namun dengan bantuan dari semua pihak termasuk masyarakat pihaknya optimis mampu meningkatkan penyelesaian tindak kejahatan.

“Seluruh personil kami harus mengawal dan mengamankan wilayah di kecamatan Blimbing. Perbandingannya 1 : 2.227 atau satu orang polisi mengamankan 2.227 orang masyarakat, sehingga masih belum bisa optimal dalam menjalankan fungsinya,” jelas pria ramah ini.

Loading...