Masjid Nur Inka di Malang @Foursquare
Masjid Nur Inka di Malang @Foursquare

MALANGTODAY.NET – Ketika melewati Jalan Wilis  atau sedang menyusuri area Car Free Day Ijen, setidaknya kita mengetahui keberadaan Museum Brawijaya di sana. Jika dicermati lagi, di bagian samping belakang museum, berdiri sebuah masjid bernama Nur Inka.

Namanya memang sedikit aneh untuk masjid pada umumnya. Benar saja, ternyata nama masjid ini diambil dari nama almarhumah putri Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, almh. Inka Martha NR. Masjid ini diresmikan pada 27 juli 2013 oleh Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP.

Di Malang, total ada tiga masjid yang bernama serupa. Satu di Jalan Wilis, kemudian di Jalan Suropati, dan ketiga di Jabung, Kabupaten Malang.

Majid inipun tak sepi dari  beragam kegiatan. Misalnya saja selama Ramadan, masjid ini menyediakan takjil dan makanan berat untuk berbuka bagi jamaah. Selain itu, diadakan pula tarawih berjamaah.

Di luar Ramadan, masjid ini senantiasa membagikan makan siang setiap Jumat. Dana untuk kegiatan ini berasal dari Gatot Nurmantyo  sendiri dengan dibantu para donatur. Mengejutkannya lagi, Gatot Nurmantyo bahkan memberangkatkan umrah para pengurus masjidnya.

Dilansir  dari Kumparan.com (17/5/2019), Gatot Nurmantyo telah membangun 19 masjid dengan diberi nama Nur Inka, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Di Jawa diantaranya berada di  Jember, Pamekasan. Sedangkan di luar negeri, masjid Nur Inka juga berdiri  di  Washinton DC, Amerika Serikat dengan nama Nur Inka Nusantara. (AL)

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.