Masjid Jogokariyan @Kiblat(dot)net

MALANGTODAY.NET – Masjid Jogokariyan di Yogyakarta memberikan garansi penggantian barang jamaah yang hilang di masjid. Jenis barang hilang yang bisa diganti yakni sandal atau sepatu serta motor. Tidak tanggung, pihak masjid akan mengganti barang tersebut dengan harga dan merek yang sama.

“Iya, kami menggaransi. Kalau ada sandal, sepatu, yang hilang di masjid akan kami ganti dengan merek yang sama dengan harga yang sama,” ujar Humas Masjid Jogokariyan, Enggar Haryo Panggalih dilansir dari Kompas.com (9/5/2019).

Diketahui, program penggantian barang jamaah ini sudah berlangsung sejak tahun 2000 silam. pengelola mengganti barang tersebut menggunakan uang anggaran rumah tangga masjid.

“Sejak awal manajemen masjid yang baru kami mulai, diawali tahun 2000-an,” tuturnya.

Meski dianggap sebagian orang hal itu bisa saja dibuat-buat oleh jamaah yang berpura-pura kehilangan, pihak masjid mengaku mereka mengandalkan kejujuran jamah. Ketika ada jamaah yang mengaku kehilangan, maka pengelola masjid segera menggantinya.

“Kalau itu kami kembalikan lagi ke personal masing-masing. Kalau ada yang melapor sandal/ sepatunya hilang, langsung kami ganti. Malah ada yang sebatas lapor tapi enggak mau diganti, juga ada,” terangnya.

Melihat ada program seperti ini, masyarakat tentu tidak khawatir lagi akan kehilangan barang ketika beribadah di masjid. Namun nampaknya belum banyak masjid yang menerapkan program demikian.

Di Malang misalnya, belum terdengar gaung dari masjid yang memberi ganti terhadap setiap barang jamaah yang hilang. Meski demikian, harapannya program-program mulia akan hadir di masjid-masjid di Malang. Ambil contoh saat Ramadan, banyak masjid yang tidak hanya menyediakan takjil gratis tapi juga makan berat seperti di Masjid Ibnu Sina, Jl. Veteran, Kota Malang.  (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.