Masih Jemput Bola, Dispendukcapil Layani Pengurusan e-KTP di Sekolah
Ilustrasi e-KTP @Faktual News

MALANGTODAY.NET– Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki setiap penduduk. Karenanya E-KTP adalah salah satu berkas yang sering digunakan untuk pengurusan hal-hal tertentu. Hal ini dijelaskan secara langsung oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Slamet Utomo ketika dikonfirmasi oleh MalangTODAY.

“Jadi kami masih terus memberikan himbauan kepada masyarakat yang belum menggunakan e-KTP diharapkan untuk segera melakukan perekaman,” ujar Slamet sapaan akrabnya

Baca Juga: Hampir Semua Warga Kota Malang Sudah Kantongi e-KTP

Hal ini dijelaskan olehnya karena bentuk perekaman data diri dalam e-KTP dapat memudahkan dalam menggunakan fasilitas yang ada di Kota Malang.

Lebih lanjut, Slamet mengungkapkan bahwa penggunaan e-KTP berkaca dengan banyaknya peristiwa yang terjadi beberapa waktu yang lalu dari kesulitan tim Inavis ketika menemukan jenazah yang tidak memiliki identitas jelas. Lewat e-KTP, identitas dapat ditemukan lewat pemeriksaan sidik jari yang sudah didaftarkan sebelumnya.

“Seperti kecelakaan yang terjadi beberapa bulan yang lalu, hingga saat ini masih belum ditemukan keluarganya. Ditambah adanya kejadian penemuan jenazah kemarin di kawasan Arjowinangun,” papar Slamet.

Baca Juga: Jaringan Internet Lambat, Perekaman e-KTP Warga Terhambat

Berdasarkan hal tersebut, Dispendukcapil memberikan arahan dengan jemput bola bagi siswa di kota malang yakni mengunjungi sekolah di kota Malang setiap pekan.

“Sedangkan bagi penyandang disabilitas dan lansia bisa mengurus e-KTP di rumah. Hal ini merupakan upaya kami agar masyarakat bisa merasa mudah dalam kepengurusan e-KTP,” tandasnya.


Reporter : Choirul Anwar
Editor : Raka Iskandar

Loading...