Prosesi Wisuda Purna Widya SMK Budi Mulia Pakisaji Angkatan XII di Gedung Balai Desa Pakisaji Kabupaten Malang (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Puluhan wisudawan dan wisudawati SMK Budi Mulia Pakisaji tampak begitu sumringah dengan wajah bercahaya. Mengenakan kebaya dan jas berwarna gelap, dengan pasti satu persatu dari mereka dikenakan kalung senat, tanda telah usai perjuangan selama tiga tahun terakhir.

Kepala Sekolah SMK Budi Mulia Pakisaji, Drs. Suyono, M.T mengatakan, prestasi luar biasa kembali diukir tahun ini. Karena sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sekolah berhasil meluluskan 100 persen siswanya.

“Saat ini jumlah siswa yang berhasil lulus ada 85 siswa dari dua jurusan yaitu TKJ dan Multimedia,” katanya pada MalangTODAY.net.

Menurutnya, setiap lulusan yang dihasilkan selama ini 80 persen terserap dalam dunia kerja, dan sisanya melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Untuk yang menginjak dunia kerja, mereka masuk dalam perusahaan Optik Internasional, perusahaan kimia, hingga perusahaan otomotif.

Sedangkam untuk yang melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, tambahnya, kebanyakan mendapat beasiswa bidik misi ke perguruan tinggi negeri seperti Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya. Selain itu juga masuk ke beberapa perguruan tinggi swasta dengan berbagai beasiswa seperti ke Univeristas Kanjuruhan Malang, STT Telkom, dan UNIRA.

“Kami memang ada kerjasama dengan berbagai lembaga dan perusahaan. Sebelum lulus, anak-anak kelas tiga akan ikut tes bursa kerja khusus (BKK) dan selalu banyak yang masuk,” tambahnya.

Dia pun menargetkan, berbagai prestasi baru nantinya dapat kembali diukir. Mengingat, tahun depan sekolah yang berdiri pada tahun 2003 itu akan meluluskan wisudawan di jurusan terbaru yaitu jurusan Marketing.

“Artinya tahun depan kita akan meluluskan siswa dari tiga jurusan. Karena jurusan Marketing masih baru ya dan lulusan pertamanya tahun depan,” jelas pria ramah ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Islam dan Kesejahteraan Ummat Budi Mulia, Viva Permadi menambahkan, segudang prestasi sampai detik ini juga telah diukir dengan sangat pesat oleh SMK Budi Mulia Pakisaji. Dapat dilihat dari banyaknya bangunan sekolah yang semakin menjulang tinggi. Bahkan tahun ini, gedung sebelah utara pun akan kembali dibangun. Sehingga, seluruh bangunan akan menjadi tiga lantai.

“Tidak terasa tahun ini SMK Budi Mulia Pakisaji sudah menginjak tahun ke 14 dan menuju ke kedewasaan,” katanya dihadapan ratusan wisudawan dan walimurid yang hadir dalam Purna Widya SMK Budi Mulia Pakisaji Angkatan XII Tahun Pelajaran 2016/2017, Sabtu, (6/5).

Menurutnya, sudah seharusnya merasa bangga ketika menjadi keluarga besar Yayasan Budi Mulia, sebuah yayasan yang dibangun dengan asas kebersamaan dan gotong royong, dan masyarakat yang peduli terhadap pendidikan. Sehingga selalu menjadikan SMK Budi Mulia Pakisaji unik dan berbeda dengan sekolah lainnya.

“Setiap langkah kita selalu didukung oleh banyak kalangan. Untuk membangun gedung, kita juga pernah menggelar konser amal den didukung artis nasional seperti almarhum Gito Rollis hingga Yuni Shara dan Titi DJ,” ujarnya.

SMK Budi Mulia dalam proses pembangunannya, lanjut pria yang akrab disapa Wiwi, melibatkan kebersamaan antara orangtua murid, pengurus yayasan dan masyarakat. Hal ini semua bisa terwujud karena adanya visi yang sama untuk mewujudkan pendidikan yang murah bahkan gratis.

Karena pada prinsip Yayasan Budi Mulia, tambahnya, tidak ada anak yang tidak bisa sekolah yang disebabkan biaya. Bahkan paling membanggakan, menurutnya sebuah penghargaan telah diberikan Gubernur Jawa Timur pada 2015 lalu sebagai wujud perjuangan yang dilakukan.

Penghargaan berupa Widya Karya Nugraha sebagai Juara satu tingkat Jatim kategori yayasan nirlaba dibidang pendidikan itu pun semakin memotivasi setiap lembaga di bawah naungan yayasan untuk lebih berkembang.

“Penghargaan itu memotivasi untuk mengembangkan semua lembaga yang berada di bawah yayasan, dan dalam waktu dekat akan menyusul Pondok Pesantren Putera,” tambah Wiwi.

Tak hanya itu, pria berkacamata itu juga menyampaikan, animo masyarakat terhadap SMK Budi Mulia Pakisaji saat ini juga terus mengalami peningkatan. Di mana jumlah siswa terus bertambah setiap tahunnya. Kini, berbagai prasarana untuk menunjang pendidikan rencananya juga akan ditambah. Mulai dari gedung kelas, lapangan olahraga, lahan praktik, hingga laboratorium siswa.

“Dan semua itu tentu tidak dapat terlepas dari peran serta orangtua dan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here