Longsor di Sigura-gura Sudah Mulai Ditangani, Inilah Penampakannya
Penampakan ruko Sigura-gura yang longsor. yoga)

MALANGTODAY.NET – Longsor yang merobohkan bangunan ruko di Jalan Bendungan Sigura-gura Barat, Lowokwaru, Kota Malang kini sudah mulai ditangani.

Dari pantauan MalangTODAY.net sekitar pukul 13.30 WIB, terlihat sudah ada alat berat yang melakukan pengerukan tanah di bibir sungai yang berada di samping ruko tersebut. Sehingga gundugan tanah setinggi 4 meter terlihat di sebelah lokasi longsor.

Tidak hanya melakukan pengerukan tanah, petugas juga melakukan perbaikan pada pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang berada di jembatan, sebelah longsoran.

Seperti dikatakan sebelumnya, Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, J Hartono menyebut jika longsoran itu dikarenakan pelengsengan ruko tersebut terhantam air yang meningkat setelah terjadinya hujan lebat. Sehingga pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemerintah Kota Malang.

“Penanganan akan kita lakukan bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Perijinan dan PDAM,” kata J Hartono.

Alat berat yang didatangkan ke Lokasi (yoga)

Sementara itu, Walikota Malang, Moch Anton yang melakukan peninjauan langsung, menemukan adanya retakan dititik lain yang berpotensi runtuh. Sehingga harus mewaspadai terjadinya longsor susulan.

“Tadi langsung saya minta untuk dikosongkan, termasuk juga saya meminta alat berat untuk melakukan tindakan terkait putusnya jembatan juga,” kata pria yang akrab disapa Abah itu, Senin (6/3).

Tak hanya itu, dia juga menyampaikan bahwa longsor yang terjadi tersebut kemungkinan juga berkaitan dengan izin pembangunan. Sebab jika dilihat, sudah jelas bangunan tersebut sudah menyalahi aturan dengan mengorbankan bantaran sungai.

“Hari ini langsung kami selidiki izinnya,” sambung Anton.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here