Lolos Kandidat Dirut PDAM, Rendra Ingin Kota Malang Merdeka Air
Arif Adi Rendra, salah satu peserta yang lolos seleksi administrasi Dirut PDAM Kota Malang @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Nama Arif Adi Rendra masuk dalam daftar peserta yang lolos dalam seleksi administrasi direktur utama (dirut) PDAM Kota Malang. Pria asli Malang ini merupakan Ketua Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam) Kota Malang. Kuat keinginannya mengikuti seleksi ini agar masyarakat Kota Malang merdeka dengan air.

“Selain kontribusi, juga ingin orang Malang itu merdeka air. Karena air adalah sumber kehidupan. Air itu bukan hari ini saja, tetapi juga untuk anak cucu kita,” ucapnya saat ditemui, Rabu (6/4/2019).

Dia menjelaskan bahwa target terhadap PDAM bukan hanya meliputi 3K saja, tetapi juga 4K. Yang dimaksud dengan 3K – 4K adalah kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan.

“Untuk itu sebenarnya kita harus bisa berpikir ke depan, ya 20 tahun ke depan memikirkan sumber air; memikirkan ketersediaan air,” jelasnya.

Menurutnya, nanti perlu ada sebuah inovasi yang bisa menunjang hal tersebut. Paling tidak ada sumber air baku yang bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Malang. “Ya, membangun sebuah teknologi baru tentang air,” tambahnya.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana membangun kontinuitas dalam masalah ini. Kontinuitas ini berkaitan dengan ketersediaan air bagi masyarakat, letak sumber air, dan berkaitan dengan hambatan-hambatan yang ditimbulkannya.

“Seharusnya kita sudah bisa mengantisipasi hal tersebut agar segala hambatan bisa teratasi dengan baik. Selain itu juga regulasi, managemen, dan komunikasi juga penting,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya ingin ke depan, PDAM Kota Malang menjadi lebih baik. Wujudnya adalah dengan memberi kepercayaan dan saling menghargai kepada semua pihak, baik internal maupun eksternal.

“Paling tidak bisa membuat orang yang kerja di PDAM itu bangga dengan pekerjaannya, bisa memberi kepercayaan dan saling menghargai. Dengan demikian insya Allah semuanya akan berjalan baik dan yang terpenting kebutuhan air bisa terpenuhi,” terangnya. (BAS/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.