Bikin Lesu, Target Retribusi Disbudpar Kota Malang Tak Sesuai Harapan
Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Memasuki libur panjang natal dan tahun baru, bus wisata Malang City Tour atau yang kita kenal sebagai Macito ramai diserbu wisatawan. Sejak awal sampai dengan pertengahan Desember saja (1 sampai 15 Desember) jumlah penumpang sudah mencapai angka 1.560 penumpang. Naik beberapa kali lipat dibanding dengan hari biasa.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni mengatakan, jumlah wisatawan yang bertamasya menikmati keindahan kota dengan Macito memang terus bertambah. Terlebih pada libur panjang seperti libur sekolah.

Tak hanya turis lokal Malang saja, beberapa warga daerah lain di seluruh Indonesia, bahkan mancanegara pun tak segan untuk mengantre menikmati perjalanan dengan bus berwarna hijau itu. “Memang terus mengalami kenaikan ya,” katanya ke Malangtoday.net beberapa saat lalu.

Berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah penumpang Macito sudah lebih dari 70 ribu. Dengan rincian sebanyak 35.600 penumpang selama Januari sampai Juni 2016, dan 26.226 turis yang menjelajahi sudut kota dengan Macito dalam kurun waktu Juli hingga November 2016.

Sementara untuk mengatasi pelonjakan selama libur panjang, lanjutnya, salah satu langkah yang digunakan adalah dengan memperpendek rute perjalanan. Sehingga, setiap penumpang dapat menikmati perjalanan dan tidak kecewa.

“Tapi untuk jadwalnya masih tetap, tidak ada perubahan. Setiap hari di jam 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB dan 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Jumlah bus yang dioperasikan ada dua,” pungkas perempuan ramah ini.⁠⁠⁠⁠

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here