Lewat Seni Bela Diri Tarung Derajat, SMANAWA Orbitkan Siswa Berprestasi
Kemas Mukhammad Fawwaz Ar Ramadani, siswa berprestasi SMAN 9 Malang (Endra)

MALANGTODAY.NET – Pada hari Kamis (2/8), tim redaksi MalangTODAY.net berkesampatan untuk mengunjungi SMA Negeri 9 Kota Malang. Dalam rangka memantau peredaran pemuda-pemuda berprestasi di Kota Malang, kami berhasil berbincang dengan salah seorang siswa SMANAWA yang walaupun masih muda namun sudah memiliki prestasi yang cukup mentereng.

Pemuda tersebut bernama Kemas Mukhammad Fawwaz Ar Ramadani. Siswa kelas 10 IPA 3 SMA Negeri 9 Malang ini selain pelajar, juga merupakan seorang atlet olahraga seni bela diri tarung derajat andalan Kota Malang.

Baca Juga: Asyiknya Belajar Jurnalistik Bersama MalangTODAY di SMANAWA

Lelaki yang akrab disapa Kemas ini menceritakan awal mula ketertarikannya terhadap seni bela diri asli Indonesia tersebut. Kemas menceritakan bahwa dirinya terjun ke dunia seni bela diri sebagai upaya untuk memberikan perlindungan diri.

“Pertama ikut tarung derajat dari orang tua. Ini juga buat perlindungan diri sendiri. Juga bisa buat membela ketidakadilan, saya juga bisa membantu kawan saya yang menjadi korban bullying,” tutur Kemas.

Lewat Seni Bela Diri Tarung Derajat, SMANAWA Orbitkan Siswa Berprestasi
Kemas Mukhammad Fawwaz Ar Ramadani saat memenangkan medali (Dok. Pribadi)

Sekilas tentang tarung derajat. Tarung derajat dibagi menajadi dua kelas. Yaitu kelas tarung dan kelas seni gerak. Apabila tarung derajat kelas tarung dikategorikan sesuai berat badan, kelas seni gerak merupakan kelas yang lebih menonjolkan unsur kesenian.

Kota Malang menjadi tolak ukur Jawa Timur dalam bela diri tarung derajat di kelas seni gerak.

Baca Juga: Bertitel Komedian, 3 Artis Ini Sebenarnya Gak Pernah Bisa Bikin Ketawa

Kemas mengaku telah menekuni seni bela diri tarung derajat sejak tahun 2013 yang lalu. Saat itu Kemas masih berada di kelas 4 sekolah dasar. Sejak saat itu, berbagai kejuaraan telah diikuti oleh Kemas, mulai dari tingkat kota hingga tingkat provinsi.

Saat disinggung mengenai keputusannya memilih tarung derajat daripada seni bela diri lainnya seperti karate, atau pencak silat, Kemas menganggap bahwa tarung derajat lebih mengajarkan pendidikan karakter dan selaras dengan kultur Indonesia.

“Filosofi tarung derajat bagus. Di tarung derajat bukan hanya bela diri yang dilatih. Di sini (tarung derajat) mulai dari kedisiplinan, kekeluargaan, kekompakan hingga attiude lebih dilatih lagi di seni bela diri tarung derajat sehingga saya lebih tertarik untuk menekuni olahraga ini,” lanjut Kemas menuturkan.

Baca Juga  Selamat Datang MalangTODAY di Bumi SMANAWA

Baca Juga: Raih Juara di Tingkat Provinsi, Atlet Taekwondo SMAN 9 Terinspirasi dari Upacara!”

Kini Kemas sedang menantikan sekolahnya saat ini menyediakan olahraga tarung derajat sebagai salah satu ekstrakulikuler di SMA Negeri 9 Malang. Ia mengatakan bahwa tahun ini para siswa lainnya yang tertarik ilmu seni bela diri tarung derajat akan segera mendapatkannya di sekolah.

“Inshallah bisa buka tahun ini, Amin,” harap Kemas.


Reporter: Endra Kurniawan
Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...