Lapas Lowokwaru Lakukan Pemusnahan Ratusan Ponsel Napi
Memusnahan Ratusan Ponsel Milik Narapidana @MalangTOAY/Yoga.

MALANGTODAY.NET – Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Lowokwaru Malang melakukan pemusnahan ratusan telepon seluler (ponsel) dan puluhan charger milik narapidana.

Kepala Lapas Kelas I Malang, Krismono mengungkapkan bahwa barang-barang tersebut merupakan hasil sitaan dari para warga binaan.

“Hari (27/04) ini merupakan acara puncak peringatan hari bhakti. Kita sertai dengan agenda pemusnahan barang bukti yang berhasil kita kumpulkan dari penggeledahan setiap malam dan juga secara insidentil,” kata Krismono beberapa saat lalu.

Lanjut Krismono, para petugas piket yang ada di dalam Lapas akan langsung melakukan penggeledahan setiap ada infomasi adanya pelanggaran tersebut.

“Hasil penggeledahan yang dihimpun dari tahun 2016-2017 ini, ada sebanyak 206 ponsel dan 75 charger dan beberapa gulung kabel,” jelasnya.

Sementara itu, untuk gulungan kabel tersebut tidak akan dimusnahkan. Melainkan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan yang ada dilingkungan Lapas.

“Nanti akan digunakan untuk membuat jaringan listrik, misal untuk pemanas,” tandasnya.

Tidak hanya itu, sebelumnya Lapas Klas I Lowokwaru Malang juga mengisi peringatan Hari Bhakti tersebut dengan menggelar santunan, kerja bakti membersihkan taman, donor darah, khataman dan penanaman pohon di Ngajum, Kabupaten Malang.

“Sejak awal April kita sudah lakukan beberapa acara untuk memperingati Hari Bhakti tersebut,” tambahnya.

Seperti diketahui, acara Hari Bhakti ini dilangsungkan serentak diseluruh Indonesia yang terpusat di Lapas Terbuka Jawa Tengah. Menkumham RI, Yassona Laoly menghimbau kepada seluruh Lembaga Pemasyarakatan dan rumah tahanan untuk bersih dari pungli, narkoba dan juga ponsel.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here