roses simulasi yang dilakukan petugas Pemadam Kebakaran di gedung DPRD Kota Malang (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Lantai tiga gedung DPRD Kota Malang siang ini tiba-tiba saja mengeluarkan asap yang mengepul. Puluhan petugas pemadam kebakaram dengan dua mobil damkar tak lama kemudian tiba di depan pintu utama gedung.

Secara sigap, setiap personel mengerahkan kekuatannya lengkap dengan berbagai atributnya. Tak kurang dari enam petugas langsung diarahkan menuju area gedung dengan selang rubbernya. Sementara puluhan petugas lainnya langsung berhamburan naik ke lantai tiga.

“Petugas evakuator, langsung naik ada korban yang membutuhkan bantuan di area kebakaran,” terang salah seorang petugas koordinator yang tengah melakukan simulasi penyelamatan kebakaran di area gedung DPRD Kota Malang, Selasa (25/4).

Yes, betul sekali. Ternyata asap yang mengepul dari lantai tiga itu bukan sebuah kebakaran guys. Ternyata, para petugas pemadam kebakaran saat ini tengah berlatih untuk persiapan simulasi yang akan dilakukan dihadapan ribuan masyarakat Kota Malang pada gelaran HUT Satpol PP pada Kamis, (27/4) mendatang.

Kasubag Tata Usaha UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, Suhatim mengatakan, latihan ini bertujuan memperkuat personel dalam menghadapi bencana kebakaran. Beberapa peralatan disiapkan lengkap dengan personelnya.

Menurutnya, langkah yang diambil dalam simulasi tersebut tak jaih berbeda dengan kondisi kebakaran sebenarnya. Mobil damkar pun dibiarkan menyala sebagai bentuk siaga. Sebelumnyq, juga dilakukan latihan berupa prnyampaian laporan oleh petugas terkait kebenaran adanya laporan kebakaran.

“Untuk evakuasi juga dilakukan seruoa. Jika korban masih hidup akan dievakuasi secara horizontal menggunakan tali oleh petigas. Tapi jika korban meninggal akan dievakuasi secara vertikal menggunakan alat yang telah ditetapkan,” urainya.

Nah, bagi kalian yang penasaran seperti apa proses pelatihan evakuasi oleh petugas damkar. Bisa aja datang ke acara HUT Satpol PP di halaman Balai Kota Malang pada Kamis (27/4) besok ya guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.