Lansia Kota Malang, Aktif dan Produktif
Plt Walikota Malang dan Walikota Batu yang turut hadir @Rosita/MalangTODAY

MALANGTODAY. NET – Lanjut usia (lansia) bukan merupakan halangan untuk tetap aktif dan produktif.

Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2018, para lansia Kota Malang berkumpul dalam acara Seminar Kesehatan Bagi Lansia.

Baca Juga: KKN UMM 135 Adakan Penyuluhan Kesehatan Untuk Siswa SD

Bertempat di Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang, Sabtu (11/8).

Acara yang digelar setiap tahun ini, dihadiri Plt Walikota Malang, Walikota Batu, jajaran pengurus Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA) dan tentunya perwakilan lansia di kecamatan se-kota Malang.

Selain seminar kesehatan, acara ni juga diramaikan dengan paduan suara, lomba menu makan pagi non beras, fashion show produk unggulan di setiap kecamatan dan juga performance tarian.

Sutiaji, Plt Walikota Malang menegaskan bahwa pola pikir masyarakat bahwa lansia tidak bisa berkarya, harus dihilangkan.

“Pemerintah akan menguatkan posyandu lansia, senam dan beberapa program lansia lainnya,” ucapnya.

“Kami di BKD, mengadakan diklat wirausaha menjelang pensiun, agar dapat digunakan sebagai persiapan untuk tetap berkarya,” tambahnya.

Baca Juga: Jangan Tidur Pakai Kipas Angin! Ini Dampak Buruknya Untuk Kesehatan

Asih Tri Rachmi Nuswantari, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang menghimbau, agar membiasakan diri dengan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Biasakan konsumsi sayur dan buah, olahraga 30 menit perhari, periksa ke laboratorium secara berkala,” jelasnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA) dapat mewadahi para lansia di Kota Malang, agar lebih sehat, mandiri, aktif dan produktif.


Reporter : Rosita Shahnaz
Editor : Raka Iskandar