Lansia di Kota Malang Harus Hidup Sejahtera dan Tetap Produktif
Jajaran Kepengurusan Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA) Kota Malang (Rosita)

MALANGTODAY. NET – Menurut WHO,  seseorang dapat dikatakan lanjut usia (lansia) pada umur diatas 70 tahun. Jumlah lansia di Provinsi Jawa Timur merupakan kedua yang terbanyak di Indonesia, yaitu 10,5%,  setelah Jogja 13,4%.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA)  perwakilan Kota Malang, menyatakan kepeduliannya terhadap kesejahteraan penduduk lanjut usia di Kota Malang.

Menurut YGA Kota Malang,  lanjut usia bukan merupakan halangan untuk menjadi insan yang berpotensi,  dengan tetap menjalankan aktivitas walaupun di jalur informal.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Nggak Baik Buat Sarapan! Nomor 4 Makanan Sejuta Umat

Hal tersebut disampaikan Prof Dr dr H. Djanggan Sargowo, Sp. PD, Sp.JP(K), FIHA, FACC saat ditemui di kediaman beliau, bersama jajaran pengurus YGA Kota Malang lainnya (9/8).

“Filosofi dibentuknya YGA yaitu memberdayakan kembali para lansia untuk menjadi suatu tenaga yang berpotensi,  berkualitas dan mandiri,” ucap Ketua YGA Kota Malang tersebut.

“Semoga pada kepengurusan YGA periode 2018-2022 tidak ada lagi lansia yang ‘terlantar’,” tambahnya.

Baca Juga: Ngeri Atau Ngawur, Roy Kiyoshi Prediksi Bencana Alam Indonesia 7 Bulan Lalu?

Beberapa bagian pembinaan yang dilakukan YGA, yaitu mengenai  ideologis/watak, keuangan, kemampuan literasi menulis, pertanian, kewiraswastaan dan lainnya.

Dengan adanya YGA sebagai suatu lembaga yang mewadahi lansia, diharapkan para lanjut usia di Kota Malang mempunyai produktifitas yang tinggi dan tidak kalah dengan generasi muda.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Swara Mardika

Loading...