Lampu Menyala di Siang Hari, Awas Rumah Jadi Incaran Maling!
AKBP Asfuri selaku Kapolres Malang Kota menunjukkan barang bukti kasus pembobolan rumah @Yoga/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Polres Malang Kota berhasil menangkap dua pelaku pembobol rumah kosong di Kota Malang. Penangkapan dua maling ini diungkapkan kepada media, hai ini, Jumat (7/9).

Dua maling tersebut, yakni juru parkir asal Kelurahan Bareng, Yupiter Romusa (51), dan penjual nasi asal Kelurahan Sawojajar, Pristiwanto (53), yang telah berhasil membobol sekitar 25 rumah dalam kurun tiga tahun terakhir.

Baca Juga: Sukseskan Pileg Damai, Caleg Lintas Partai Kota Malang ‘Nyantai’ Bareng

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri menjelaskan bahwa pelaku menentukan target rumah yang akan dibobol dengan cara melihat lampu teras yang masih menyala bukan dimalam hari.

“Begitu lampunya menyala kemudian diketok-ketok , ternyata tidak ada yang membuka , nah menurut mereka rumah itu tidak ada penghuninya sehingga mereka melakukan aksinya,” jelas Asfuri.

“Mereka beraksi saat siang hari. Dengan mencongkel pintu maupun jendela untuk masuk kedalam rumah dan mengambil barang-barang yg ada didalam rumah,” tambahnya.

Penangkapan dua orang pelaku pembobolan rumah tersebut, diawali dengan adanya informasi dari masyarakat. Pelaku diketahui menawarkan dan membawa barang-barang elektronik, yang mana hal tersebut bukan merupakan profesi mereka. Karena kedua pelaku tersebut berprofesi sebagai tukang parkir dan penjual nasi.

Dalam aksinya, kedua pelaku tersebut saling berbagi tugas. Satu orang masuk ke rumah dan mengambil barang-barang, sementara satu lainnya berjaga di luar rumah untuk memastikan kondisi aman.

Sebelum akhirnya ditangkap di rumah masing-masing, dua aksi terakhir yang dilakukan oleh pelaku, yakni pembobolan rumah di daerah Janti pada bulan September dan Joyogrand pada bulan Agustus.

Baca Juga: Surabaya-Malang PP, Kereta Api Lokal Jarak Pendek yang Tinggi Peminat

Kapolres Malang Kota menghimbau kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

“Apabila meninggalkan rumah dalam waktu lama, berikan informasi kepada tetangga maupun security sehingga sewaktu-waktu bisa dikontrol, apabila ada orang-orang yang mencurigakan,” ucap Asfuri.


Reporter : Rosita Shahnaz
Editor : Kistin Septiyani