Lagi, Pemkot Malang Sabet Penghargaan dari Menteri!
Wali Kota Malang, Sutiaji dan Sekda Kota Malang, Wasto (tengah) beserta staff memamerkan piagam penghargaan @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Malang berhasil meraih nilai BB untuk periode 2018. Ini merupakan ketiga kalinya nilai BB itu berhasil disabet.

Piagam penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Syafruddin, di Hotel Golden Tulip Galaxy, Banjarmasin, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga  Siap Untuk Seleksi CPNS 2018? Intip Info Terbarunya di Sini!

Menurut penuturan Sutiaji, nilai BB yang diterima tersebut adalah bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Malang atas kinerja yang mengedepankan mutu layanan publik.

“Ini (penghargaan) wujud dari komitmen Pemerintah Kota untuk senantiasa mengedepankan kinerja yang berbasis pada mutu pelayanan publik dan outcome,” ujarnya.

Meski berhasil mendapat penghargaan tersebut 3 tahun berturut, Sutiaji berharap Pemkot Malang dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan publik untuk mendapat nilai A.

“Tentu, kita akan terus memacu agar pada saatnya Kota Malang harus mampu meraih skor A,” jelasnya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya akan melaksanakan program lelang kerja. Harapannya dalam program tersebut, Pemkot Malang mampu lebih efisien dan berorientasi terhadap outcome.

“Kami berharap melalui lelang kinerja, orientasi pada outcome makin kuat, target terukur jelas dengan komposisi anggaran yang terukur pula. Semoga tahun selanjutnya mendapat A,” ujar Sutiaji optimis.

Acara yang diikuti gubernur, wali kota dan bupati se-wilayah II Pemerintah Daerah ini, merupakan wujud dari aktualisasi Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP.

“Sebagai katalisator efisiensi anggaran, SAKIP harus mampu mendorong program Pemda berorientasi pada peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan rakyat”, tutur Syafrudin.

Baca Juga  Maling Apes, Motornya Ketinggalan Setelah Sikat HP

Lebih lagi, Syafruddin menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada kabupaten/kota yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi.

“Saya mengharapkan agar kabupaten/kota tetap berupaya mengoptimalkan penerapan SAKIP dengan lebih baik,” ujarnya. (BOB/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.