Ilustrasi kantin sekolah ©Tribun Bali

MALANGTODAY.NET – Manajemen Kantin Sekolah (KSE) untuk perbaikan keamanan dan gizi panganan jajanan anak sekolah (PJAS) kini resmi diterapkan di Kota Malang. Aplikasi yang memberi layanan pre order atau layanan cepat saat istirahat ini sengaja dihadirkan untuk mengurangi jajanan tak sehat dilingkungan sekolah.

CEO Fox Asia, Achmad Wahyu mengatakan, program keamanan gizi ini nantinya akan menempatkan ahli gizi di semua sekolah yang ada di Kota Malang. Mulai dari di jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.

“Saat ini coba diterapkan di Kota Malang, dan alat atau KSE yang kami berikan sifatnya ini adalah gratis. Terdiri dari tiga tablet, tiga scanner, dan aplikasi KSE,” katanya pada Wartawan, Selasa (2/5).

Menurutnya, sejauh ini masyarakat sedikit acuh terhadap beragam olahan yang dikonsumsi oleh para peserta didik. Padahal, makanan yang dibutuhkan anak-anak tersebut jelas membutuhkan penanganan ekstra.

Sejauh ini, lanjutnya, pengelolaan makanan untuk anak-anak di lingkungan sekolah pun cenderung diserahkan pada pengelola kantin. Di mana pengelola kantin terkadang mempekerjakan pegawai yang kurang kompeten dibidangnya.

“Langkah ini diambil untuk menciptakqn komjnitas sekolah yang peduli dengan makanan sehat, aman, hieginis, dan menghindari makanan yang bernilai gizi buruk,” tambahnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here