Lama Vakum, DKM Kembali Siap Wadahi Seniman dan Budayawan
Kegiatan FGD persiapan pembentukan DKM (Rosita)

MALANGTODAY.NET – Dewan Kebudayaan Malang (DKM) sebagai wadah dari para seniman dan budayawan akan segera terbentuk. Sebagai langkah awal, para seniman dan budayawan menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan di The 101 Malang OJ, Kamis (9/11/2018).

Ketua tim formatur pembentukan DKM, Rudy Satrio Lelono menceritakan bahwa ini merupakan kegiatan FGD yang digelar pertama kalinya. Ia menjelaskan bahwa pada FGD kali ini menyiapkan mekanisme-mekanisme musyawarah seniman dan budayawan.

Baca Juga: Makin Ramai, 5 Fitur Baru Ini Jadi Bukti WhatsApp Makin Beringas

“Disini kita ada tiga bahasan. Lambang dan mekanisme beserta profil ketua, pembahasan mengenai kepanitiaan dan program kerja serta roadmap DKM,” ujarnya.

Lebih lanjut, tentang Pemerintah Daerah dan Pusat yang harus bertanggung jawab terhadap pengembangan dan perlindungan pemajuan kebudayaan, Rudy menceritakan bahwa Indonesia baru saja memiliki Undang-undang terkait hal tersebut pada tahun 2017.

“Kalau kita semua tidak punya landasan, ibaratnya kita berkarya tapi tidak jelas. Paling tidak dengan adanya DKM, tidak ada perselisihan yang berkaitan dengan kebudayaan dan kesenian,” ucapnya.

Baca Juga: Kementan Minta Impor Jagung, Menko Ekonomi: Buat Surat, dong!

Kegiatan yang difasilitasi oleh Pemkot Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) ini, merespon keinginan Wali Kota Malang Sutiaji agar DKM segera aktif pasca lama vakum.

“Pak Wali Kota menyarankan segera dibentuk DKM yang sudah lama vakum, sehingga Disbudpar memfasilitasi agar segera terbentuk,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kota Malang, Achmad Supriadi.


Reporter : Rosita Shahnaz
Editor : Kistin S

Loading...