Kota Malang Raih Penghargaan Kota Peduli HAM, Ini Ucapan Selamat Jusuf Kalla
Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi ucapan selamat saat memperingati Hari HAM Sedunia (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kota Malang berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM), Selasa (11/12/2018). Bertempat di halaman kantor Kemenkumham Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko dari Menteri Hukum dan HAM Yossana H Laoly.

Bertepatan dengan Peringatan Hari HAM Sedunia tahun 2018, pemerintah memberikan penghargaan kepada 271 Kabupaten/Kota. Kota Malang meraih yang terbaik. Penghargaan ini melalui proses penilaian dari akademisi, LSM, dan pegawai Direktorat Jenderal HAM dengan kriteria 7 hak dan 83 indikator.

“Sebanyak 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, hanya 409 Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi menyampaikan data terkait pemenuhan hak dasar yang telah dilaksanakan. Ada 271 Kabupaten/Kota yang meraih kategori peduli HAM. Kemudian 75 Kabupaten/Kota masuk dalam kriteria cukup peduli HAM,” ujar Menteri Hukum dan HAM Yossana J. Laoly.

Lebih lanjut Yossana menyebutkan kriteria peduli HAM merujuk pada upaya pemerintah Kabupaten/Kota meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan, dan kemajuan hak asasi manusia.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko berharap torehan ini dapat dijadikan momen bagi segenap elemen masyarakat di Malang untuk meningkatkan kesadaran terhadap hak asasi manusia. Pria yang akrab disapa Bung Edi ini berkomitmen meningkatkan pemahaman HAM aparatur dan masyarakat Kota Malang dan berharap penghargaan semacam ini terus dipertahankan.

“Penghargaan ini akan memberikan citra positif bagi Kota Malang. Ini menjadi momentum bagi Kota Malang dan masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran terhadap hak asasi manusia,” ujar Bung Edi, sapaan akrab Wakil Wali Kota Malang.

Penghargaan yang diraih oleh Kabupaten/Kota ini pun direspon baik oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jusuf Kalla mengucapkan selamat atas pencapaian tersebut.

“Penghargaan ini bertujuan untuk memotivasi pemerintah Kabupaten/Kota melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM,” ujarnya.


Reporter: Basri Masse
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.