Wali Kota Malang, H. Sutiaji saat mengunjungi salah satu stand bakso di Festival Baksi-Cwimie dan Mendem Durian@Basri Masse/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Malang ke-105, halaman Balai Kota Malang ramai dipenuhi penjual bakso, cwie mie, durian, dan produk-produk UMKM. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 15-17 Maret 2019.

“Festival ini dalam rangka Hari Jadi Kota Malang. Dan mengapa bakso? Karena, kan, sudah menjadi khasnya Malang. Cwimie sebenarnya menyertai” ucap Wali Kota Malang, H. Sutiaji saat ditemui usai membuka acara ini, Jumat (15/3/2019).

Sutiaji menjelaskan kalau kegiatan ini murni dari inisiatif masyarakat. Dirinya pun sangat mengapresiasi peran masyarakat dalam menyemarakkan ulang tahun Kota Malang.

“Kita tidak mengeluarkan cost apapun di sini, ini murni dari masyarakat. Sangat senang karena masyarakat juga terlibat dalam perayaan ulang tahun Kota Malang,” jelasnya.

Pemilihan kuliner bakso dinilai sangat pas karena sudah menjadi makanan khas di Kota Pendidikan ini. Ke depan, pada pertengahan-menuju akhir bulan April, bakso akan menjadi salah satu ikon kuliner Kota Malang.

Festival kuliner

“Ini hanya awal saja. Pada pertengahan April nanti, akan digelar juga festival kuliner nusantara. Jadi bakso ini akan kita angkat, kuliner andalannya apa, nah, pada April nanti akan kita angkat,” imbuh pria nomor wahid di Kota Malang ini.

Selain bakso, durian juga menjadi dambaan masyarakat. Suami Widayati ini mengatakan bahwa durian juga menjadi tren di Kota Malang. “Durian juga terkenal di Malang. Hemat saya, ini nanti (juga) akan kita angkat,” tandasnya.

Produk-produk UMKM juga turut memeriahkan. Bagi Sutiaji, UMKM sedang berada diposisi penting karena mampu mendorong arus pertumbuhan ekonomi global. “Ada UMKM juga ikut, karena memang, kan, menjadi isu sentran dan menjadi pengembangan kami juga,” tambahnya.

Pak Aji, sapaannya, juga mengunjungi stand bakso, cwimie, durian, dan stand yang menjual jam tangan. Bersama Ketua Penggerak PKK Kota Malang (yang juga istri), Widayati; Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko; Sekretaris Daerah, Wasto; Kejari Kota Malang, Amran Lakoni, berdialog dengan penjual dan makan durian bersama. Dirgahayu Kota Malang, jaya dan makin melintang! (Bas/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.