Topeng Malang @Inovasee
Topeng Malang @Inovasee

MALANGTODAY.NET – Beberapa hari lalu ada warganet yang mempermasalahkan aksi topeng monyet di CFD Ijen. Warganet tersebut mengunggah videonya di media sosial dan dicuitkan ulang oleh salah satu akun informasi di Malang. Dalam video tersebut nampak ketika pemilik monyet memainkan perannya.

Berbekal tali, pemilik topeng monyet tersebut menggulung dan melempar tali sehingga monyet yang berada di atas sepeda melajukan sepedanya dengan kencang. Hal tersebut kemudian mendapat kecaman dari beberapa warganet. Mereka menyatakan hal tersebut melanggar hak hewan dan kemudian akan mengadukannya kepada pecinta dan pelindung hewan.

Melihat adanya komedi topeng monyet di Malang, Ternyata hiburan ini sudah ada di Malang bahkan sejak Indonesia belum merdeka. Saat itu, warga Malang lebih mengenalnya dengan sebutan komedi bedes.

Nampak dalam unggahan akun Instagram @ngalamlop. Di situ, ada foto tentang komedi bedes yang dimainkan pada tahun 1932 di Lawang, Kabupaten Malang. Penonton komedi bedes yang ada di foto tersebut kebanyakan adalah anak-anak.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Malang Kota Bunga (@ngalamlop) pada

Foto hitam putih itu bersaksi ada beberapa anak Indonesia dan Belanda yang melihat komedi bedes. Hal tersebut dicirikan dari warna rambut dan pakaian mereka yang kontras.

Foto tersebut juga berbicara saat itu komedi bedes dimainkan di sebuah tanah lapang. Pemilik topeng monyet duduk berdampingan dengan satu set lengkap peralatan hiburannya. Kemudian tangannya sigap memegang tali mengendalikan monyetnya.

Terlepas dari hal itu, beberapa daerah sudah melarang adanya topeng monyet. Pemerintah setempat bahkan melakukan razia. Dasar hukum adanya pelarangan ini karena hal tersebut masuk dalam tindakan penyiksaan hewan. Selain itu juga berkaitan dengan eksploitasi hewan. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.