Klenteng Eng An Kiong Gelar Kirab Budaya Untuk Peringatan Hari Jadi Ke 193
Kirab budaya klenteng Eng An Kiong @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke 193, Yayasan Klenteng Eng An Kiong menyelenggarakan kirab ritual dan budaya pada hari ini, (21/10/2018).

Humas Klenteng Eng An Kiong, Bonsu Anton Triono menyampaikan kirab budaya ini diikuti oleh puluhan peserta uang berasal dari beberapa daerah baik dari Timur sendiri maupun dari luar Jawa. “Pesertanya tadi dari seluruh Jawa, Lombok, dan Bali,” ujarnya.

Baca Juga: Tak Hanya Menari, Kampung Budaya Polowijen Juga Lestarikan Permainan Tradisional

“Total peserta sebelumnya ada 37, tapi khusus dari klenteng ada 28, yang lain-lain berkat daripada para pariwisata budaya kota Malang dibawah pimpinan Bu Ida (Kepala Dinas Pariwisata Kota Malang) yang sudah peduli memberikan budaya reog dan jaranan,” tambahnya.

Sesuai dengan nama klenteng Eng An Kiong, tema pada kirab tahun ini adalah ‘Mencapai Kedamaian’.

“En= abadi, an= keselamatan, dan kiong= istana. Jadi istana keselamatan yang abadi,” papar Bonsu. Lebih lanjut, dia menjelaskan dengan adanya keberagaman dalam kirab ini, merupakan salah satu sarana untuk menjaga kerukunan antar sesama.

Baca Juga: Ribuan Peserta Antusias Ramaikan Festival Pesona Lokal Malang

“Untuk menuju keselamatan yang abadi itu kita harus menciptakan kerukunan dalam kita menjaga negara kita kedepan, inilah yang harus kita jaga, sehingga dengan demikian kita bisa mendukung firman Tuhan,” katanya.

“Negara ini merupakan negara subur makmur gemah ripah loh jinawi, makanya tadi ada kirab setelah dari tandu kami maka dibelakang adalah simbol daripada hasil bumi yang menunjukkan bahwa kita sebagai sebuah negara sebagai negara subur makmur gemah ripah loh jinawi, dan kita menerima karunia tuhan Yang Maha Esa ini,” pungkasnya.


Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Raka Iskandar

Loading...