PRONALIS, Program Penanganan Penyakit Tidak Menular Puskesmas Bareng
Kepala Puskesmas Bareng Muhammad Zamroni @MalangTODAY.net/Endra

MALANGTODAY.NET – Pada tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang tengah fokus pada penanganan penyakit tidak menular. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Bareng yang memiliki program Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

Program ini dikhususkan bagi peserta BPJS yang faskesnya berada di Puskesmas Bareng. Syarat kedua adalah untuk pasien yang menderita hipertensi atau darah tinggi serta diabetes atau kencing manis.

Baca Juga  Angka DM dan Hipertensi Tinggi, Puskesmas Cisadea Gelar Senam Prolanis

Kepala Puskesmas Bareng drg. Muhammad Zamroni mengungkapkan bahwa program yang digagas puskesmasnya ini sudah sangat kongkrit untuk diterapkan pada masyarakat wilayah naungan puskesmas yaitu meliputi Kasin, Gading Kasri, Bareng dan Sukoharjo.

“Satu paket komplit untuk Prolanis, mulai dari penyuluhan, senam, kemudian pemeriksaan dan pengobatan,” ujar Kepala Puskesmas Bareng, Sabtu (1/11/2018).

Baca Juga  Sttt...Besok Yuk ke CFD Ijen, Ada Konsultasi dan Penyuluhan Gizi Gratis

Menurutnya, selain kegiatan senam dan penyuluhan, pemeriksaan yang dilakukan pihaknya ini mencakup pemeriksaan fisik, seperti tensi hingga pemeriksaan laboratorium lengkap bisa dilakukan di Puskesmas Bareng.

“Yang terakhir pengobatan, jadi pasien yang masuk dalam Klub Prolanis itu mereka bisa konsultasi dan mendapatkan obat bisa lebih cepat,” imbuhnya.

Baca Juga  Minum Kopi dengan Wadah Styrofoam? Ini Resikonya!

Untuk jadwal Prolanis sendiri ia mengungkapkan bahwa dalam satu bulan ada dua kali pertemuan rutin, yakni senam dan edukasi. Selain itu ada agenda penyuluhan pada hari kamis minggu kedua. Sedangkan untuk yang komplit pada hari selasa minggu keempat.

“Di Puskesmas Bareng sendiri memiliki total hingga 100 peserta yang tergabung dalam klub prolanis ini, dan yang aktif hanya 60 orang,” tandasnya.

Baca Juga  Petaka Swafoto, ASN di Kota Malang ini Terancam Hukuman

Dengan adanya Pronalis ini, diharapkan program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dalam hal penanganan penyakit tidak menular di masyarakat dapat berjalan optimal dan maksimal, khususnya untuk masyarakat naungan Puskesmas Bareng.


Reporter: Andika Fajar
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.