Ilustrasi wisuda @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Kebijakan Universitas Negeri Malang (UM) yang mewajibkan mahasiswa lulus tepat waktu dan tak melebihi masa studi mendapat sambutan beragam dari para mahasiswa. Tidak sedikit yang termotivasi untuk segera menyelesaikan studinya, tetapi banyak pula yang merasa keberatan keputusan tersebut.

Salah satunya diungkapkan mahasiswa Jurusan Sejarah angkatan 2012, AD yang beranggapan kebijakan tersebut sedikit mempersulit mahasiswa. Sebab tidak dibarengi dengan kebijakan lain yang mendukung mahasiswa untuk dapat cepat menyelesaikan studinya.

Ia menyayangkan, banyaknya mahasiswa kadaluarsa yang juga menjadi pertimbangan dikeluarkannya kebijakan dalam Surat Keputusan (SK) Rektor UM Nomor: 3.1.24/UN32/DT/2017. Sebab mahasiswa kadaluarsa tidak 100 persen karena faktor mahasiswa itu sendiri, tapi juga faktor lain. Salah satunya seperti tertahannya draf skripsi di dosen pembimbing.

“Pengalamam pribadi, draft saya masih di dosen pembimbing selama satu tahun,” katanya kepada MalangTODAY.net, beberapa saat lalu.

Meskipun memang bukan menjadi tanggung jawab dosen pembimbing, namun ia berharap agar pihak kampus juga memberi kebijakan lain yang sinkron dan lebih memotivasi para mahasiswa lulus sesuai dengan masa studi. Karena memang jumlah mahasiswa sangat besar jika dibanding pengajarnya.

Sementara itu, mahasiswa jurusan HKN angkatan 2013, ED mengatakan, keputusan rektor terkait masa studi tersebut bukan menjadi masalah. Bahkan dia menganggap, kebijakan tersebut semakin memotivasi dirinya untuk lulus tepat waktu.

“Meski awalnya sempat bingung, kebijakan yang dimaksudkan itu seperti apa. Tapi setelah paham, dan membaca SK Rektor saya jadi lebih termotivasi,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, pihak kampus telah mensosialisasikan kebijakan tersebut sejak lama. Salah satunya melalui banner yang terpasang di setiap fakultas. Sehingga, ia tidak merasa begitu kaget dan memilih konsentrasi untuk menyelesaikan masa studi tepat waktu.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here