Unik, Kampung Tematik ini Dihuni Warga Binaan Dinas Sosial Kota Malang
Kampung 1000 Topeng Desaku Menanti @Rosita/MalangTODAY

MALANGTODAY. NET – Kota Malang, Jawa Timur memang khas dengan wisata kampung tematik.

Masing-masing kampung tematik tersebut mempunyai latar belakang yang berbeda. Ada yang berlatar belakang lingkungan hidup, religi, heritage, kesenian juga ekonomi kreatif.

Baca Juga: Sutiaji Sebut Kampung Tematik Murni Kreatifitas Masyarakat

Salah satunya yaitu Kampung 1000 Topeng Desaku Menanti. Kampung tematik ini berada di Dusun Baran, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Uniknya, kampung tematik ini dihuni oleh 33 kepala keluarga, warga binaan Dinas Sosial Kota Malang.

Kampung 1000 Topeng Desaku Menanti merupakan kampung bentukan baru, sejak tahun 2016.

“Warga yang menghuni kampung 1000 topeng ini dulunya gelandangan dan pengemis, yang kemudian diseleksi. Lalu sekarang dibina, diberdayakan dan diberikan pelatihan kerja, ” ujar Satria, perwakilan Dinas Sosial di Kampung 1000 Topeng Desaku Menanti.

Setiap harinya, warga Kampung 1000 Topeng Desaku Menanti didampingi oleh perwakilan lembaga kesejahteraan sosial dan Dinas Sosial Kota Malang.

“Kita juga berikan binaan mental, spiritual dan ekonomi. Untuk mengangkat status sosial mereka,” tambahnya.

Baca Juga: Satu Lagi, Kampung Tematik Kota Malang Siap Warnai Media Sosialmu

Pendapat serupa juga disampaikan Agung, Kepala Seksi Pemasaran Pariwisata Kota Malang, bahwa program Desaku Menanti tidak hanya sebagai tempat penampungan, namun lebih diarahkan pada ekonomi produktif bagi penyandang masalah sosial.

“Kampung 1000 topeng merupakan salah satu bukti empati kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung, yang berusaha untuk hidup normal dengan kembali pada kehidupan masyarakat, ” jelasnya.


Reporter : Rosita Shahnaz
Editor : Raka Iskandar