Suasana Kampung Glintung Go Green Kelurahan Purwantoro Kota Malang (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Kampung Glintung Go Green (3G) memang sudah mulai tersohor di dalam maupun luar negeri. Inovasi menabung air pun mulai banyak ditiru oleh banyak daerah lain di Indonesia. Tidak heran, ternyata dulunya Kelurahan Purwantoro itu desa sumber air loh.

Secara historis, menurut Ketua RW 23 sekaligus penggagas Kampung 3G, Bambang Irianto, Kelurahan Purwantoro konon merupakan sebuah kampung dengan nama Genduk Watu. Nama itu bermakna tempat air, yang menunjukkan bahwa Glintung, khususnya di kawasan RW 005 memiliki sumber air yang besar.

“Konon, air pun melimpah ruah dan meluber sampai ke sungai. Hal itu berlangsung cukup lama,” katanya.

Tak hanya itu, di kawasan lain yang masih berdekatan dengan Glintung, seperti kawasan Jalan Batu Bara dan Jalan Sulfat juga disebut-sebut memiliki sumber air yang melimpah.

Di daerah tersebut dulu menurutnya dikenal sebagai daerah Patuk, yang berarti sumber mata air.

Sisa tanda alam itupun menurutnya masih dapat dirasakan hingga sekarang. Karena ternyata, kembali muncul banyak sumber air baru sebagai bentuk fenomena alam yang tersebar di beberapa titik RW 005 kampung 3G.

“Pada Juli mendatang, kami akan menjadi kampung konservasi air pertama di dunia. Ini tidak lepas dari sejarah panjang kampung Glintung itu sendiri,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.