Kadisbudpar Sebut Tiga Hotel di Kota Malang Sudah Berkonsep Wisata Halal
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni (Rosita)

MALANGTODAY.NET – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menyebutkan bahwa sampai dengan saat ini, tiga akomodasi sudah berkonsep wisata halal.

“Hotel yang sudah berkonsep wisata halal ada 3, kalau di Kota Malang ini kan ada sekitar 15 hotel berbintang,” ujar wanita yang akrab disapa Dayu tersebut kepada MalangTODAY.net sebelum kegiatan Bimtek wisata halal yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang, Senin (12/11/2018).

Baca Juga: Temukan Mumi Kucing, Arkeolog Buktikan Posisinya di Kebudayaan Kuno

Dayu menjelaskan, tiga akomodasi yang sudah mengusung konsep wisata halal yakni Hotel Regent’s Park yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto, UB Guest House yang terletak di Universitas Brawijaya dan Swiss-Belinn yang berlokasi di Jalan Veteran Kota Malang.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Pemkot Malang semakin serius dalam mengusung penerapan konsep wisata halal pada sektor industri pariwisata di Kota Malang. Dalam penerapan konsep wisata halal, nantinya hotel dan destinasi wisata harus mempersiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan wisatawan ketika waktu sholat tiba.

“Wisata halal kalau produknya berupa makanan dan minuman maka harus mempunyai sertifikasi halal. Juga harus mampu menyampaikan dari hulu ke hilir tentang proses produksi makanannya sampai bahan-bahannya,” tuturnya.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Indonesia Banget!

Lebih lanjut terkait belum banyaknya akomodasi di Kota Malang yang bersedia untuk mengusung konsep wisata halal, Dayu berharap semoga segera terjadi penambahan.

“Untuk kedepan semoga ada penambahan, tapi berapa persennya saya belum bisa memastikan,” pungkasnya.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Swara Mardika

Loading...