Jumlah Koperasi Sehat di Kota Malang Hanya Sekitar 250 Unit
Ilustrasi Koperasi © 2017 Vittalia

MALANGTODAY.NET – Jumlah koperasi di Kota Malang mencapai 700 unit kerja. Namun setelah dilakukan pendataan dalam rapat anggota tahunan (RAT), hanya 250 koperasi yang dipastikan aktif dan sehat.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Tri Widyani mengatakan, berdasarkan penghitungan yang dilakukan timnya, jumlah koperasi yang aktif di kota pendidikan ini sekitar 400 koperasi. Hanya saja semua belum melaporkan.

“Setelah RAT, bulan Juli ini maksimal kami bisa tahu ada berapa koperasi yang sehat dan aktif di Kota Malang,” katanya pada Media.

Perempuan berhijab ini menyebutkan, sepanjang 2016 sebanyak 99 koperasi yang ditutup aktivitasnya. Sehingga di awal tahun ini Dinas Koperasi dan UKM pun mulai berbenah dengan berbagai program untuk menggenjot peran koperasi dalam perputaran ekonomi.

Salah satunya, lanjut Yani, adalah dengan menggelar workshop dan pelatihan managemen bagi para pengurus koperasi. Targetnya, koperasi yang sudah ada dapat berkembang lebih signifikan lagi dan berperan aktif dalam membangun ekonomi masyarakat.

“Sehingga jaringan juga akan semakin terbuka, dan jumlah koperasi sehat akan bertambah,” urainya.

Menurutnya, pernasalahan utama yang sering menjadi momok bagi koperasi adalah masalah permodalan. Sehingga, pengetahuan berbasis kewirausahaan juga menjadi poin penting untuk disampaikan dalam berbagai pelatihan khusus bagi koperasi. (ags)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here