Jenazah Shinta Masih di Jerman, Ibu hingga Sahabat Kirim Surat Terbuka ke Jokowi
Ibunda almarhumah Shinta Putri Dina Pertiwi @Yoga/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Kepulangan jenazah Shinta Putri Dina Pertiwi, mahasiswi yang tewas di Jerman sekitar dua minggu lalu, ternyata belum ada kejelasan hingga
Senin (20/8). Kegelisahan pun melanda keluarganya di Jalan Bandulan gang 12 Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Umi Salamah (54), ibunda almarhumah bahkan melayangkan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo. Pasalnya, kabar sebelumnya menyebut bahwa jenazah anaknya akan dipulangkan dengan maskapai terbaik dan tercepat oleh pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) yang ada di Frankfurt.

Baca Juga: Lagi, Kelangkaan Gas Melon 3 Kilo Kembali Resahkan Masyarakat Kota Malang

Jenazah Shinta Masih di Jerman, Ibu hingga Sahabat Kirim Surat Terbuka ke Jokowi
Surat Terbuka ibunda Shinta, mahasiswi yang meninggal di Jerman, kepada Presiden Joko Widodo @Istimewa

“Kami mohon segera mendapat kepastian jadwal pemulangan jenazah Shinta,” kata Umi Salamah menjelaskan isi surat terbuka tersebut.

Seperti diketahui, anak keduanya itu sempat dinyatakan hilang setelah berenang di Danau Trebgaster, Jerman pada Rabu (8/8) dan ditemukan tewas pada Jumat (10/8). Sampai saat ini, jenazah masih berada di Kota Bayreuth meskipun telah dilakukan autopsi oleh otoritas setempat.

“Saya tidak mengetahui secara pasti kenapa belum dipulangkan,” tandas Salamah yang juga Dosen di Universitas Brawijaya ini.

Lebih lanjut, ia mengaku telah menyerahkan dokumen lengkap untuk mengurus kepulangan jasad gadis kelahiran 1 November 1993 yang menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Leipzig melalui jalur beasiswa ini.

“Dari KJRI dan Kemenlu (info) tidak pasti. Padahal PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) mengatakan sudah siap, karena peti sudah dipacking rapi,” jelasnya.

Baca Juga: Disbudpar Kota Malang Ikuti Ramaikan Tourism Trade Investment Expo 2018 di Palembang

Sementara itu, sahabat Shinta waktu menempuh pendidikan di SMA Negeri 7 Malang, juga mengajak netizen untuk ikut membantu agar jenazah segera bisa dipulangkan.

“Tolong direpost dan di tag ke pak jokowi, almarhum iku arek malang kuliah ndek jerman. Nawakku sma. SURAT TERBUKA UNTUK BAPAK PRESIDEN SAYA TULIS DIKOLOM KOMENTAR #jokowi,” tulis akun Instagram @aminuddin_muhammad yang dalam waktu tiga jam pasca diunggah, telah mendapatkan ribuan like dan ratusan komentar.


Reporter : Rahmat Mashudi Prayoga
Editor : Raka Iskandar