Jelang Akhir Tax Amnesty, DJP Jatim III Belum Sentuh Target
Kepala Kantor DJP Jawa Timur III, Rudy Gunawan Bastari

MALANGTODAY.NET – Jelang akhir program tax amnesty, uang tebusan yang diterima DJP Jatim III masih belum menyentuh target.

Pada periode III yang dimulai sejak Januari 2017, uang tebusan yang berhasil dihimpun hanya Rp 110 Miliar.

Kepala Kantor DJP Jawa Timur III, Rudy Gunawan Bastari mengatakan, masing-masing DJP pada dasarnya tak menetapkan target secara signifikan. Sebab pengampunam pajak ini sifatnya hak dan bukan kewajiban. Sementara secara nasional, target yang ditetapkan sebesar Rp 165 Triliun.

“Tapi secara komitmen, DJP Jatim III menetapkan target Rp 800 Miliar, dan masih tersentuh di angka Rp 110 Miliar,” katanya pada awak media dalam Konferensi Pers DJP Jatim III, Selasa (21/3).

Dari total tebusan yang telah dihimpun, menurutnya paling banyak didapat dari KPP Pratama Malang Selatan. Sehingga, wajib pajak (WP) yang belum memanfaatkan program pengampunan ini diharap dapat segera memanfaatkannya.

Sebab pada dasarnya, lanjut Gunawan, DJP memiliki data dan fakta yang belum disampaikan oleh WP. Dia pun mengimbau, agar harta yang belum dilaporkan segera disampaikan. Karena jika tidak, maka pihak DJP akan memberi tindakan tegas.

“Kalau data yang ditemukan tak sesuai dengan SPT, maka akan dikenai pajak normal dan ditambah dengan sanksi,” bebernya. (ind)

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here