UB Ungguli UI, Ini 10 Besar Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Versi 4ICU
Universitas Brawijaya Malang @MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah impian yang didambakan banyak orang. Tak terkecuali adik-adik SMA yang baru saja lulus.

Nah, ada kabar baik buat kamu yang ingin menempuh kuliah di Malang, Universitas Brawijaya telah mengumumkan kapan seleksi jalur mandiri untuk masukan tahun akademik 2019/2020 dibuka.

Diketahui dari laman Selma.ub.ac.id, pendaftaran online seleksi mandiri akan dibuka pada 24 Juni s/d 11 Juli 2019 pukul 10.00 WIB. Biaya pendaftaran yang dibebankan kepada pendaftar sebesar Rp 500 ribu melalui Bank Mandiri dan BRI seluruh Indonesia.

Pada seleksi tahun ini, UB membuka dua kelompok ujian yakni Saintek dan Soshum. Peserta hanya diperkenankan memilih dua program studi dalam kelompok ujian yang sama dengan urutan menunjukkan prioritas.

Kemudian ujian akan dilaksanakan pada 15 Juli 2019 di kampus Universitas Brawijaya, Jalan Veteran Kota Malang. Ujian yang harus ditempuh oleh peserta seleksi yakni ujian tulis, ujian keterampilan, ujian wawancara, serta tes kemampuan bahasa dan ujian untuk Kelas Internasional.

Pengumuman final seleksi mandiri Universitas Brawijaya untuk masukan tahun 2019/2020 akan diumumkan pada 20 Juli 2019. Untuk peserta yang dinyatakan diterima, dapat melakukan pemberkasan online tanggal 21 Juli s/d 26 Juli 2019.

Mengenai jurusan favorit, UB mengunggulkan jurusan Agroekoteknologi. Jurusan yang termasuk dalam Fakultas Pertanian ini masih menjadi yang paling favorit sejak 10 tahun terakhir.

“Sejak 10 tahun terakhir, banyak mahasiswa yang minat di jurusan itu, utamanya yang dari luar Malang,” ujar Humas UB, Kotok Gurito saat dihubungi MalangTODAY (26/2/2019).

Dia menambahkan siswa yang minat di jurusan tersebut akan meningkat pada SBMPTN nanti. “Paling tidak biasanya tetap di 10 besar,” jelasnya.

Kotok, panggilan akrabnya, menjelaskan memang prospek jurusan ini cukup bagus. Para lulusannya banyak masuk di perusahaan industri dan lainnya. “Misalnya perbankan, sehingga cakupannya pun luas,” jelasnya lebih lanjut.

Tahun ini ada 1830 pendaftar yang minat di jurusan ini. Padahal daya tampungnya hanya 234. Selain jurusan Agroekoteknologi, jurusan Pendidikan Dokter dan Manajemen juga menempati tiga teratas. (AL)

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.