Suasana dalam teater bioskop @Arul/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Meski telah dicabut, Manager Cinema 21 cabang Malang Plaza, Imam, menjelaskan, dirinya belum mengetahui perihal imbauan bagi pengelola bioskop untuk memutar lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebelum film dimulai.

Imbauan tersebut berasal dari surat bernomor 1.30.1/Menpora/2019 yang ditetapkan pada Rabu (30/1/2019) kemarin. Surat itu kurang lebih berisi ajakan untuk meningkatkan nasionalisme dengan memutar dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film di seluruh bioskop di tanah air.

Saat ditemui MalangTODAY.net, Imam mengatakan dirinya juga tak tahu menahu tentang surat imbauan tersebut. Lebih lagi, ia mengutarakan ada kemungkinan seluruh bioskop di Malang juga belum menerapkan imbauan tersebut.

“Kan ada grup WA-nya bioskop-bioskop itu. Ya saya juga gak ada kabar. Teman-teman juga gitu” jelas Imam ke MalangTODAY.net.

Sementara itu, untuk realisasinya sendiri, ia menyatakan di Cinema 21 Malang Plaza belum menerapkan imbauan untuk memutar “Indonesia Raya” di awal pemutaran film. “Belum kalau disini. Ya karena saya belum tahu itu” ujarnya.

Senada dengan, salah satu pengunjung 21 Cinema, Agung, juga mengatakan dirinya baru mengetahui soal imbauan tersebut. Selama menonton film, ia mengaku tak ada pemutaran lagu “Indonesia Raya”. “Enggak sih mas. Tadi ya seperti nonton biasa aja. Nggak ada apa-apa” ucapnya singkat.

Sementara itu, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S. Broto mengatakan bahwa surat imbauan tersebut lantaran resistensi tinggi masyarakat. Ia mewakili Kemenpora telah meminta maaf karena telah membuat kegaduhuan.

“Hal itu atas dasar pertimbangan dan juga karena resistensi dan kegaduhannya yang snagat tinggi. Mohon maaf,” kata Gatot dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (1/2/2019) (BOB/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.