Gelar HUT, Kelenteng Eng An Kiong Rayakan Keberagaman
Atraksi naga liong di Kelenteng Eng An Kiong (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Kemeriahan mengiringi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-194 Kelenteng Eng An Kiong kemarin (08/07/2019). Selain melakukan sembahyang, kelenteng yang berlokasi di Jalan Laksamana Martadinata, Kotalama, itu juga menyuguhkan atraksi barongsai dan leang-leong. Tak hanya  itu, sebanyak 3.000 paket sembako juga dibagi-bagikan kepada warga sekitar.

”Kelenteng ini salah satu simbol persatuan kita. Makanya, berbagai bentuk seni dan budaya masih bisa dinikmati sampai sekarang ini,” ujar Anton Triyono, ketua panitia HUT.

Dia menambahkan, tak jauh berbeda dengan HUT sebelumnya, peringatan yang dilakukan bertujuan agar keharmonisan umat beragama tetap terjaga.

Dalam acara tersebut, pembagian tiga ribu sembako untuk masyarakat sekitar dilakukan secara bersama, dengan tidak memandang suku, ras ataupun agama.

Dengan harapan keharmonisan dan keberagaman umat tetap terjalin. ”Kami juga berharap, lewat perayaan ulang tahun ini kemakmuran alam terus dijaga dengan baik,” tuturnya.

Apalagi, Anton melanjutkan, keberadaan kelenteng yang berlokasi di Jl. Laksamana Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang  sudah berdiri sejak tahun 1.825 juga menjadi salah satu penanda kerukunan umat beragama.

Sebab, semangat toleransi terjaga dengan baik hingga sekarang. Diketahui, Kelenteng Eng An Kiong sendiri digunakan untuk ibadah tiga agama, yaitu Buddha, Tao, dan Khonghucu.

Pewarta : M.Badar Risqullah
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Ahmad Yani

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.