Pencapaian Sertifikat Halal dan SNI Masih D, HTC UIN Malang Berikan Pendampingan Kepada UMKM
A'yun Nur Jannah, Ketua Pelaksana Seminar Nasional Pengembangan Produk Halal (Jazila)

MALANGTODAY.NET – Berangkat dari kesadaran akan pentingnya mensosialisasikan produk yang halal, Halal dan Thoyib Center (HTC) Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menyelenggarakan seminar nasional bertajuk pengembangan produk halal.

Disampaikan oleh ketua panitia seminar A’yun Nur Jannah, di Malang sendiri masih banyak UMKM maupun perusahaan yang belum memiliki sertifikat halal. Dari situlah HTC akan memberikan pendampingan kepada mereka untuk mendapatkan sertifikasi halal dan standar nasional Indonesia (SNI).

Baca Juga: Pasca Jatuh, Tiket Lion Air Jakarta-Singapura Cuma 150 Ribu! Bus Terbang?

“Jadi kita bukan mengeluarkan sertifikat, akan tetapi kita melakukan pendampingan kepada mereka yang siap untuk melaksanakan untuk mengolah UMKM dan perusahaannya sehingga mendapatkan sertifikat halal dan standar nasional Indonesia dan yang mengeluarkan itu tetap dari Kemenag,” ujar wanita yang juga merupakan dosen jurusan kimia tersebut.

Untuk saat ini, dijelaskan oleh A’yun, HTC sudah membina 100 UMKM dan perusahaan untuk menuju mendapatkan sertifikat halal. Karena sertifikasi akan sangat sulit dicapai apabila dilakukan secara pribadi.

Baca Juga: Tanggapi Enteng Ancaman PKS, Gerindra Minta Tahan Diri

Hal tersebut didukung penuh oleh Wakil Rektor bidang akademik (WR 1) UIN Maliki, Dr. H. M Zainuddin. UIN akan melakukan banyak safari ke daerah-daerah untuk mensosialisasikan pengembangan produk halal.

“Ini bukan sekedar wacana saja tapi akan ada tindak lanjut dengan bekerja sama dengan perusahaan perusahaan dan juga safari ke daerah-daerah seperti Lumajang, Lamongan, Gresik, Tuban, Jombang, dan daerah lainnya,” ucap Zainuddin ketika dihubungi reporter MalangTODAY.net via telepon.

Baca Juga: Tim Gabungan Sidak Kantor Pusat Toko Modern di Kota Malang

Selain itu Zainuddin juga akan memberdayakan fakultas-fakultas yang ada di UIN Maliki untuk saling bekerja sama dalam mengembangkan produk yang halal.

“Di sini (UIN Maliki) kan kita ada fakultas yang berbasis agama dan berbasis pengetahuan umum kami upayakan mereka berintegrasi untuk mengembangkan produk dan nanti dikonsultasikan dengan teman dari fakultas yang berbasis agama sehingga akan tercipta berbagai produk yang halal,” tandasnya.


Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Swara Mardika

Loading...