Hasyim Muzadi di Mata Para Santri, Lembut dan Giat
Kyai Hasym Muzadi © Tempo

MALANGTODAY.NET – Kepergian pengasuh pondok Al Hikam, KH. Hasyim Muzadi tentu menyisakan banyak kenangan indah bagi orang-orang yang ada disekitarnya. Tak hanya keluarga, para santri pun sudah pasti merasa kehilangan dengan sosok lembut pria yang akrab disapa Abah itu.

Salah satunya disampaikan Muhammad Arwani, santri yang baru satu tahun terakhir ini menimba ilmu di Pondok Pesantren Al Hikam. Menurutnya, para santri sangat senang ketika diajar mengaji oleh KH. Hasyim Muzadi.

Sebab sosok tokoh Nahdhotul Ulama itu, lanjutnya, memiliki banyak wawasan yang selalu membuka cakrawala baru bagi para santri. Bahkan sebelum kepergian KH. Hasyim, para santri terus berdoa untuk kesembuhan beliau.

“Kami tadi diberitahu bahwa beliau wafat, pada pukul 06.30. Sebelumnya santri untuk mengaji dan selang beberapa menit diberitahukan bahwa beliau sudah meninggal dunia,” katanya, Kamis (16/3).

Dia menyebutkan, Abah Hasyim selalu menjadi pengajar yang ditunggu-tunggu oleh para santri. Kelembutan dan ketelatenanya menjadi salah satu alasan, para santri jatuh hati dengan cara KH. Hasyim Muzadi dalam mengajar.

“Abah itu sosok yang sangat giat, dan kami senang diajar oleh beliau,” tambah pria asal Mojokerto ini.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here