Harga Cabai Keriting Turun
Harga cabai keriting di Malang menurut Kementan turun paling rendah @MalangTODAY/istimewa
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MALANGTODAY.NET – Kabar gembira untuk kita semua, harga cabai di Malang perlahan berangsur-angsur sudah mulai menurun kembali. Khususnya untuk harga cabai merah keriting, Malang termasuk kategori turun paling banyak bila dibandingkan dengan beberapa daerah lain.

Dari data yang disampaikan Kementerian Pertanian, harga cabai merah keriting turun paling banyak di Malang dari Rp27 ribu/kg menjadi Rp18,5 ribu/kg. Turunnya harga cabai ini tidak saja dirasakan Malang, namun juga berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Kementerian Pertanian mencatat penurunan harga cabai rawit merah di sejumlah kabupaten dan pasar induk di Indonesia setelah sebelumnya menembus hingga Rp120 ribu per kilogram pada awal 2017.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Spudnik Sujono dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (20/3), mengatakan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, misalnya, harga cabai rawit merah turun Rp 19 ribu/kg dari Rp 90 ribu/kg pada 12 Maret menjadi Rp 71 ribu/kg pada 19 Maret 2017.

“Untuk cabai merah keriting turun sekitar Rp 6 ribu/kg dari harga Rp 23 ribu/kg di pasar yang sama. Sedangkan cabai merah besar turun Rp 2 ribu/kg dari Rp 22 ribu/kg dan cabai rawit hijau turun Rp 3 ribu/kg dari Rp 33 ribu/kg,” ujarnya.

Spudnik menjelaskan penurunan harga terjadi lantaran pasokan cabai mulai dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada Maret, Kementan memperkirakan dapat memenuhi kebutuhan 68.472 ton cabai rawit karena ketersediaan mencapai 75.465 ton.

“Ada hukum ‘supply demand’, tapi tata niaga juga menentukan. Jadi semua itu jadi faktor eksternal. Ada juga yang mempengaruhi langsung seperti iklim,” tuturnya.

Belum lagi, lanjut Spudnik, gerakan tanam cabai juga terus dilakukan baik melalui tanggung jawab sosial perusahaan maupun melalui gerakan tanam cabai di pekarangan rumah.

“Dengan iklim yang mulai kondusif, para pengepul besar yang mematikan dengan harga tinggi juga sekarang mulai dikoreksi. Kami akan jaga dan kawal ini,” ucapnya.

Kementan seperti dilansir dari Antara, mencatat untuk cabai rawit merah, penurunan harga terbesar terjadi di Kota Mataram sebesar Rp 45 ribu/kg dari sebelumnya sebesar Rp 95 ribu/kg pada 12 Maret menjadi Rp 50 ribu/kg pada 19 Maret.

Ada pun harga terendah cabai rawit merah terjadi di Blitar dan Kediri sebesar Rp 35 ribu/kg per 20 Maret 2017.(zuk)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here