Halal and Thayyib Centre UIN Maliki Gelar Seminar Sertifikasi Halal
Seminar Nasional Sertifikasi Halal Thayyib UMKM @Satriya for MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Halal and Thayyib Centre Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang baru saja menggelar seminar nasional bertajuk “Sertifikasi Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah” Selasa (28/8) di Gedung Rektorat Ir Soekarno lantai 5.

Seminar ini dihadiri oleh Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Hj.Siti Aminah M.Pd, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur Dr. Mas Purnomo Hadi dan Pemerhati Wisata Halal Malang Raya Satriya Nugraha, SP.

Baca Juga: Pakai ‘Pisang’ Buat Keluarkan Racun Rokok Dari Dalam Tubuh, Ampuh!

Acara ini dibuka dengan penandatanganan kerjasama antara rektor UIN Prof.Dr.Abdul Haris,M.Ag dan Dr. Mas Purnomo Hadi selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur. Seminar ini dihadiri oleh 250 UKM yang berasal dari Malang Raya, Madura, dan sebagainya.

Menurut penjelasan Begum Fauziyah,S.Si., M.Farm Ketua Halal and Thayyib Centre UIN Maulana Malik Ibrahim, seminar nasional ini merupakan salah satu bentuk kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur untuk melakukan pembinaan bagi UMKM.

Perlu diketahui, Halal and Thayyib Centre adalah Unit bagian dari UIN Maulana Malik Ibrahim yang mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di dalam bidang Halal dan Thayyib.

Untuk saat ini, melaksanakan program antara lain pertama, melakukan pendampingan bagi UMKM dalam proses pengurusan sertifikasi halal, kedua, melakukan pembinaan UMKM mengenai bagaimana mengurus syarat-syarat memenuhi kaidah thayyib tersebut. Ketiga, membantu pengurusan P-IRT dan merek bagi UMKM yang bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kota Malang.

Baca Juga: Akibat Gudang Sandal di Singosari Terbakar, Ini Jumlah Kerugian Pemilik

Selain itu, seminar ini juga menyiapkan agen muda halal (youth halal agent) yang bisa membantu dalam melaksanakan edukasi dan sosialisasi khususnya yang terkait halal dan thayyib.

Sebagaimana kita ketahui, BPJPH Pusat sedang menggiatkan sosialisasi sebagai bentuk persiapan bagi seluruh produk se-Indonesia untuk tersertifikasi halal sampai batas tanggal 17 Oktober 2019.


Penulis : Satriya Nugraha
Editor : Raka Iskandar

Loading...