Hadiah Akhir Tahun, Polres Malang Sabet Penghargaan WBK dari Kemenpan RB
Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menerima penghargaan WBK dari Menpan RB, Komjen Pol Syafruddin di Jakarta (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Polres Malang masuk dalam 200 jajaran instansi pelayan publik yang diganjar predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB. Lima instansi pelayan publik lainnya mendapat predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Penghargaan prestisius itu menjadi hadiah akhir tahun yang membanggakan bagi Polres Malang. Pasalnya, tahun ini, untuk meraih predikat WBK/WBBM Polres Malang harus bersaing ketat dengan 909 instansi pelayan publik lainnya.

Penghargaan itu sendiri diserahkan secara langsung oleh Menpan RB, Komjen Pol Syafruddin kepada Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung di Jakarta, Senin (10/12/2018).

“Inti dari semuanya, poin utama yang dinilai untuk mendapatkan predikat WBK adalah hilangnya atau tidak adanya Pungli di spot-spot pelayanan publik, seperti pelayanan SIM, pelayanan penerimaan laporan pengaduan di SPKT, pelayanan perijinan SKCK, dan lain-lain,” kata AKBP Yade Setiawan Ujung.

Penghargaan itu didapat juga tidak terlepas dari program 77 Unggul Kapolres Malang. Antara lain, terciptanya situasi yang aman dan kondusif, serta terwujudnya pelayanan pada masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada masyarakat serta transparansi birokrasi, beberapa terobosan telah dilakukan Polres Malang. Diantaranya melalui peluncuran program layanan Malang e-Policing.

“Tidak kalah penting adalah pembenahan pelayanan publik yang mana harus sesuai dengan standar dalam Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Polres Malang berupaya sepenuh hati untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang tentunya bebas dari korupsi dan Pungli,” ucap Ujung.

Sejak awal, Polres Malang telah berupaya maksimal untuk meraih predikat WBK/WBBM.

Sebagai informasi, penghargaan WBK/WBBM merupakan bagian dari pembangunan zona integritas, miniatur dari implementasi reformasi birokrasi. Pembangunan zona integritas ditujukan agar mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien, bersih dan akuntabel, serta berorientasi pada pelayanan publik yang baik.


Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Kistin S

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.