Gus Yusuf: Aksi Aliansi Papua Tidak Memiliki Izin
Yusuf Abdurahman, pimpinanan Yayasan Darul Hikmah An-Nawawi (Sem)

MALANGTODAY.NET – Aksi masa Aliansi Masyarakat Papua (AMP) berakhir ricuh. Sempat terjadi bentrok antara peserta demonstrasi dengan ormas yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Malang Cinta Damai.

Yusuf Abdurahman, pimpinanan Yayasan Darul Hikmah An-Nawawi Kelurahan Kebonsari,  Kecamatan Sukun selaku koordinator Aliansi Masyarakat Malang Cinta Damai mengatakan, aksi yang dilakukan oleh AMP tidak memiliki izin.

“Aliansi Masyarakat Papua ini adalah kelompok yang selama ini bikin onar, demo mereka saat ini tidak ada izin dari kepolisisan,” kata pria yang akrab disapa Gus Yusuf.

Karena tidak ada izin,  tindakan yang dilakukan AMP dianggap ilegal,  serta bagian dari upaya mereka membebaskan diri dari NKRI.

“Saya sering ke Papua tidak ada upaya kayak gini (memisahkan diri), NKRI itu mencakup sabang sampai merauke, kenapa mereka masih saja mau untuk lakukan aksi-aksi yang seperti ini,” timpalnya dengan nada keras.

Tidak hanya itu, dengan tegas dirinya  berada di garis depan apabila NKRI dan Pancasila ingin digantikan dengan simbol dan lambang lainnya. “Saya sampaikan ke teman-teman untuk selalu memonitor, agar jangan merah putih dan NKRI ini tergantikan dengan bintang kejora”.

Sementara itu, juru bicara AMP melalui pesan singkat menyampaikan, tema aksinya yang adalah New York Agreement jalan aneksia ilegal Indonesia atas West Papua.

“Tujuannya untuk mengkampanyekan kepada publik bahwa Indonesia telah melanggar perjanjian New York Agreement pasal 14-21 yang mengatur mengenai penentuan pendapat rakyat yang sesuai degan hukum internasional yaitu satu orang satu suara,” kata Yulius

Ditambah lagi ia sangat menyesalkan pembubaran aksi yang dilakukan oleh ormas dan aparat.  Mereka hanyalah menyampaikan kepada publik tentang apa yang terjadi di Papua bukan untuk mendukung kemerdekaan Papua di Indonesia. (Sem/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.