Gus Wahid Masuk Lapas, Ada Apa Ya?

MALANGTODAY.NET – KH Abdul Wahid Ghozali atau yang akrab disapa Gus Wahid, Hari (20/04) ini mendatangi lingkungan Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Malang,  Kecamatan Lowokwaru.

Kedatangannya tersebut ternyata hanya untuk mengisi tausiah pada acara ‘Nusantara Mengaji’ di Masjid At Taubah yang berada didalam Lapas.

Dalam tausiahnya, Kiai yang dikenal dengan bahasa khas ‘walikan’ ini memberikan wejangannya kepada sekitar seribu warga binaan agar tetap berpegang teguh pada etika dan sopan santun.

“Kepada petugas disini harus pakai bahasa yang halus dan sopan. Jangan membentak ataupun membuat jengkel. Tidak hanya pada petugas saja, sama orang lain juga harus demikian. Jangan suka misuh-misuh juga. Selain berdosa dan tidak baik, nggak enak didengar,” imbuh dia.

Dalam ceramah itu, ia juga mengingatkan kepada warga binaan agar membersihkan jiwa dengan lebih mendekatkan diri kepada sang khalik.

“Saya tahu semua yang ada disini mungkin sedang khilaf dan pikiran sedang gelap. Maka dari itu, bersihkan jiwa dan pikiran. Perbuatan yang lalu diperbaiki dan jangan sampai terulang lagi. Dekatkan diri kepada Allah dan banyak belajar dari hal sekecil apapun yang ada disini. Saya yakin anda semua bisa sadar dan segera keluar dari sini. Kalau sudah diluar jangan kumat lagi,” ujar dia sambil tertawa.

Ia juga berharap, warga binaan disini juga bisa menjadi tauladan bagi masyarakat. ” Tidak hanya disini saja, bisa juga jadi tauladan masyarakat diluar sana. Kegiatan kerohanian ini juga jangan hanya dilakukan ketika di dalam sini saja, diluar juga harus tetap berlanjut. Saya yakin orang-orang yang ada di dalam sini bisa jadi lebih soleh daripada yang ada diluar sana. Tidak semua orang buruk yang berada disini,” imbuh dia.

Seperti diketahui, acara ini juga berlangsung serentak di seluruh Lembaga Pemasyarakat (Lapas) di Indonesia. Selain mengaji, warga binaan yang juga menggelar khataman al-qur’an yang berlangsung selama satu jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.