Jusuf Kalla Dan Gus Ipul
Wapres JK dan Gus Ipul saat menghadiri Seminar Nasional Hilirisasi Teknologi dan Start Up Bisnis serta Peresmian Jusuf Kalla Innovation and Entrepreneursip Center di Universitas Brawijaya (Yoga)

MALANGTODAY.NET – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menyebut bahwa hilirisasi inovasi teknologi dalam kehidupan saat ini menjadi persoalan yang amat penting sekali. Jika tidak dapat mengikutinya, tentu akan merugi karena kecanggihan teknologi saat ini dapat mempermudah kerja para penggunanya.

“Saat ini kita ditemui bahkan dikepung oleh kemajuan inovasi teknologi. Kemajuan zaman ini bergerak amat sangat cepat sebagai akibat dari inovasi teknologi. Bagi mereka yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi adalah sebuah berita baik alias berkah, tapi bagi mereka yang tak mampu memanfaatkan kemajuan teknologi bisa menjadi sumber musibah alias sebuah terpuruk,” ungkapnya dalam peresmian Yusuf Kalla Innovation and Entrepreneurship di Universitas Brawijaya, Senin (04/12).

Selain itu, kemajuan teknologi dan inovasi teknologi saat ini juga harus dapat mempengaruhi dan membentuk kehidupan, dimana dapat memberikan manfaat besar untuk kemaslahatan masyarakat.

“Dalam kontek itulah, hilirisasi inovasi teknologi menjadi penting inovasi teknologi adalah sebuah modal awal untuk menjadi punya nilai tambah ekonomi maka diperlukan hilirisasi, untuk itu Sinergi diperlukan di antara industri, marketing dan investasi,” paparnya.

Saat ini, lanjut dia, salah satu wujud perkembangan ekonomi yang sangat menggembirakan adalah makin meluas dan menguatnya bisnis start up di bidang teknologi dan informasi yang berbasis internet.

“Booming bisnis start up yang sedang terjadi di Indonesia saat ini, membuktikan bahwa kita siap memanfaatkan kemajuan dan inovasi teknologi sebagai jalan bagi kemajuan ekonomi bisnis startup kita bisa sebut sebagai bisnis jaman now,” tandasnya.

Untuk itu, dalam mengelolanya tentu juga membutuhkan pebisnis jaman now yakni para wirausahawan dan wirausahawati yang penuh dengan gagasan baru yang berpikir out of the box dan selalu melahirkan inovasi-inovasi terbaru.

“Dalam konteks itu, tentu saya menyambut gembira peresmian Yusuf Kalla Innovation and Entrepreneurship pada hari ini, sebagai pusat Inovasi dan kewirausahaan seperti ini merupakan salah satu jawaban penting untuk tantangan hilirisasi inovasi teknologi. Harapan saya ini akan menjadi kawah Candradimuka untuk melahirkan para wirausahawan handal,” tutupnya.(yog/zuk)

Loading...