Gubernur Jatim : Integritas Kunci Utama Cegah Korupsi
Soekarwo selaku Gubernur Provinsi Jawa Timur @Rosita/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menilai bahwa integritas merupakan kunci utama dalam memberantas maraknya korupsi.

“Dari segi pelayanan publik, Kota Malang dan Jawa Timur sudah sangat luar biasa. Hanya integritas pelakunya saja yang kurang,” ujarnya.

Baca Juga: Resmi Dilantik, Ini Kata 40 PAW di DPRD Kota Malang!

Hal itu disampaikan Soekarwo beberapa waktu lalu kepada awak media, saat memberikan tanggapannya terhadap kasus korupsi massal yang dilakukan anggota DPRD Kota Malang. Integritas anggota dewan menjadi salah satu hal yang disoroti oleh Gubernur Jawa Timur tersebut.

Soekarwo juga menegaskan bahwa tidak ada yang bisa menjamin bahwa kasus korupsi akan terulang atau tidak, karena titik permasalahan terletak pada pribadi masing-masing.

“Ini saya sampaikan problemnya itu pribadi, yakni integritas. Bagaimana mencegah ini, ya integritas bukan sistem lho, ini integritas,” tutur pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo itu.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa pelayanan publik di Kota Malang sudah nomor satu dan tentunya bagus, akan tetapi integritas yang masih lemah.
Pakdhe Karwo juga menghimbau agar Parpol selalu mengecek lingkungan anggotanya yang hendak mencalonkan diri.

“Ya kalau mau mencalonkan dicek dulu lingkungannya bagaimana. Kalau bahasa jawanya itu dicek bobot, bibit dan bebetnya, ” ucapnya.

Baca Juga: DPRD ‘Baru’ Kota Malang Harus Bekerja Maraton

Selain itu, Pakdhe Karwo juga menyampaikan pentingnya peran tokoh agama dalam membangun integritas, termasuk media sebagai pengontrol jalannya pemerintahan.

“Iman sama takwa itu kan tugasnya pemimpin agama sebagian besar. Selain itu media kan sebagai pilar keempat demokrasi harus memberikan apresial, apakah orang ini bagus atau tidak,” pungkasnya.


Reporter : Rosita Shahnaz
Editor : Raka Iskandar