Gelar Gerak Jalan, KNPI Ajak Masyarakat Kenang Pejuang
Panitia pelaksana gerak jalan Malang Kota Pejuang sekaligus perwakilan dari ormas @Jazila/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November lalu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) beserta organisasi masyarakat lain di kota Malang menggelar gerak jalan yang bertajuk “Malang Kota Pejuang”.

Hal ini bertujuan untuk mengangkat kembali jejak-jejak perjuangan para pejuang yang mungkin sudah mulai terlupakan. Berbeda dengan pahlawan, pejuang merupakan mereka yang ikut berjuang mempertahankan Indonesia pada masa penjajahan, namun belum diangkat sebagai pahlawan oleh pemerintah.

Baca Juga  BP2D Kota Malang Tindak Tegas Wajib Pajak Menunggak

“Esensi Mengapa membuat Malang Kota pejuang adalah kembali kepada sejarah dan juga pengalaman yang luar biasa,” ujar perwakilan dari komunitas Es Teh Anget, M. Nur Hasan Rois (7/12/2018).

Selain itu, pelibatan beberapa organisasi masyarakat yang ada di Kota Malang diharapkan agar misi untuk mengangkat kembali jejak-jejak perjuangan para pejuang itu bisa digotong bersama.

“Selain itu kegiatan ini adalah sebuah landasan agar hal-hal sejarah di Malang ini menjadi tanggung jawab bersama, guna mengetahui peradaban yang ada di Malang,” tambahnya.

Baca Juga  Wali Kota Malang Ingin Tiap Kecamatan Punya Coworking Space

“Sinkronisasi semua pihak yang mengangkat sejarah yang ada di Malang diperlukan Karena untuk kebersamaan kebersatuan untuk menuju sesuatu yang ingin dicapai,” ujar perwakilan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia, Drs. Sudigdo Hidayat.

Perlu diketahui, dalam acara gerak jalan tersebut para peserta akan menempuh jarak sejauh 20 km yang akan dimulai dari bumi Perkemahan Wonokoyo, kemudian berjalan melewati 11 monumen bersejarah yang ada di kota Malang dan berakhir di stadion Gajayana.


Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.