Fokus Turunkan Stunting, Persagi Gelar Check up Gratis
Kegiatan periksa dan penyuluhan gizi gratis yang digalang oleh Persagi Kota Malang @ MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-54 tahun 2018, Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Malang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang dan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) menggelar tes kesehatan dan konsultasi serta penyuluhan gizi gratis.

Acara yang dilakukan setiap hari Minggu ini digelar pada saat car free day, yaitu di booth halaman depan kampus Poltekkes Kemenkes Kota Malang.

“Program pengabdian dari DPC Persagi Kota Malang dengan Poltekkes Kemenkes Malang mengadakan tes kesehatan dan konseling gizi gratis,” ungkap salah satu anggota staf Persagi Sugeng Iwan S.TP M.Kes, Minggu (18/11/2018).

Baca Juga: Persiapkan Generasi Masa Depan Berkualitas, IBI Gelar Konsultasi Remaja

Adapun fokus penyakit yang diperhatikan oleh Persagi yaitu masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan lebih rendah, atau yang disebut dengan stunting.

“Untuk masalah kesehatan kita fokus pada stunting, karena saat ini angka stunting di Kota Malang mencapai 30,8%. Meskipun sudah menurun tapi itu cukup tinggi dan perlu untuk dicegah,” paparnya.

Sedangkan tes kesehatan yang diberikan secara gratis terdiri dari pengukuran tinggi badan, berat badan, cek gula darah, serta tes tekanan darah. Sedangkan untuk konsultasi dan penyuluhan gizi, Persagi mengerahkan 25 ahli gizinya untuk membimbing masyarakat yang datang guna menanyakan terkait masalah gizi mereka.

Antusiasme Masyarakat

Melalui program ini antusiasme masyarakat dalam mengonsultasikan kesehatannya menjadi semakin meningkat. Hal ini dibuktikan banyaknya masyarakat dari berbagai usia yang datang untuk check up sekaligus konsultasi kebutuhan gizi mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Ini Punya Banyak Anak dari Berbagai Wanita

“Programnya bagus karena sebetulnya nggak pernah cakap seperti ini, dan biasanya takut sama jarum tapi Alhamdulillah hari ini bisa cek kesehatan. Kan lumayan kita tidak perlu antri dan layanannya gratis. Saya rasa ini perlu dilanjutkan,” ujar salah seorang peserta check up gratis bernama Farid asal Sumbersari, Kota Malang.

Baca Juga  Satu Orang Tewas dan Dua Luka-Luka Akibat Angin Kencang di Kota Malang

Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Swara Mardika

Loading...