Flashback Kinerja 2018, Bea Cukai Malang Raih Target Penerimaan di Atas Rata-rata
Pelaksanaan Konferensi Pers oleh Bea Cukai Malang, Selasa (8/1/2019) kemarin @Basri/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Selain berhasil menyita sejumlah barang ilegal, Bea Cukai Malang pun berhasil memperoleh target pendapatan di atas rata-rata. Capaian ini disampaikan dalam kesempatan Konferensi Pers yang digelar Bea Cukai Malang di Savana Hotel and Convention, Selasa (8/1/2019) kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kantor Bea Cukai Malang, Rudy Hery Kurniawan menyampaikan sampai dengan 31 Desember 2018, yang diterima Bea Cukai Malang sebesar 20,16 triliun rupiah atau sekitar 103,7 persen.

Baca Juga  ​Hilda, Pemuda Miliki Peran Lestarikan Kesenian Tradisional

“Kantor Bea Cukai diberi target 19,56 triliun dan mencapai 20,16 triliun. Ini melebihi target yang dicanangkan,” jelasnya.

Rudy mengungkapkan bahwa capaian itu secara terperinci adalah sebagai berikut. Bea Masuk sebesar 30,39 milyar; Cukai Hasil Tembakau sebesar 19,88 triliun; Cukai Etil Alkohol sebesar 41,2 milyar; Cukai MMEA sebesar 199,8 milyar; Denda Administrasi Cukai sebesar 1,9 milyar; Denda Administrasi Pabean sebesar 4,3 juta; dan Cukai Lainnya sebesar 2,63 milyar.

Selain itu, Bea Cukai Malang pun memiliki pengguna jasa baru di bidang Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) atau produsen liquid vape. Di Malang, ada lima pengusaha ini dan sejak bulan Oktober sampai Desember 2018 telag berkontribusi sebesar 4,63 milyar.

Tetap Tingkatkan Kinerja

Meskipun demikian, Rudy tidak bisa lengah. Timnya harus terus berupaya meningkatkan kinerjanya agar menjadi lebih baik di tahun 2019 ini.

“Bea Cukai Malang akan terus berusaha dalam optimalisasi penerimaan negara dengan memberikan pelayanan prima dan inovasi-inovasi yang memudahkan proses bisnis pengguna jasa, memberi penyuluhan, dan penyampaian informasi kepada masyarakat terkait kepabeanan dan cukai agar tercipta iklim usaha yang kondusif,” jelasnya.

Sebagai kantor yang menggawangi kelegalan barang, Bea Cukai Malang tentunya telah berbuat banyak. Maka dari itu, tahun 2018, kantor yang dipimpin Rudy ini telah berhasil mendapat 3 besar Kantor dengan Pelayanan Terbaik.

Baca Juga  Temui Dinsos, Polres Malang Kota Siap Bantu Pengamanan Bantuan Sosial

“Tantangan selanjutnya kami akan meraih predikat yang biasa disebut dengan WBK dan WBBM,” ujarnya.

“Kepada yang terhormat Pak Wawali, Kakanwil, rekan Kantor Pos, gabungan TNI dan Polri, dan rekan-rekan dari keuangan, kami mohon kerja sama, koordinasi, bantuan, untuk mewujudkan Kota Malang bebas dari korupsi dan birokrasi bebas bersih melayani,” pungkasnya.


Reporter: Basri Masse
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.