Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Syarat Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 Di Kantor Kpu Kota Malang (pipit Anggraeni)
Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi Syarat Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 Di Kantor Kpu Kota Malang (pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – KPU Kota Malang pada Kamis (16/11) resmi menyampaikan hasil penelitian administrasi terhadap partai yang telah mendaftarkan diri sebagai calon peserta dalam Pemilu tahun 2019. Dari 18 partai yang mendaftar, total ada empat partai yang dinyatakan belum mendaftarkan diri kepada KPU RI.

Meski begitu, Ketua KPU Kota Malang, M. Zainuddin menyampaikan, ke empat partai tersebut berdasarkan hasil putusan Panwaslu tetap diterima. Selama toga hari ke depan, terhitung sejak Kamis (16/11), verifikasi terhadap ke empat partai tersebut akan dilakukan.

“Jadi ada 18 partai yang mendaftar, dan 14 yang hasilnya kami umumkan hari ini. Sisanya, empat partai masih akan diferivikasi lagi,” katanya pada wartawan.

Dia pun menargetkan, pada 17 September besok seluruh berkas administrasi dari keempat partai tersebut sudah selesai dilakukan. Sehingga, hasilnya dapat diumumkan pada Sabtu (18/11) mendatang.

“Ke empat partai itu adalah PBB, PKPI, PK, dan Republik,” tambah pria berkacamata itu.

Sementara dari 14 partai yang telah mendaftar, berdasarkan catatan KPU menurutnya masih ada lima partai yang sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Ke lima partai tersebut adalah Gerindra, Golkar, Nasdem, PDI, dan PKS.

Sedangkan sisanya yang belum memenuhi syarat ambang batas, lanjutnya, diberi waktu oleh KPU untuk melakukan perbaikan mulai 18 November sampai 1 Desember mendatang. Namun apabila belum dapat melengkapi berkas dan persyaratan, akan ada konsekuensi yang harus diperoleh dari partai yang bersangkutan.

“Tapi belum tahu nanti konsekuensinya seperti apa, akan dilihat dulu,” tambah pria ramah itu.(pit/zuk)

Loading...