Pemerintah Koata Malang Adakan Mudik Gratis, Mau?
Ilustrasi mudik gratis di Kota Malang@MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang kembali mengadakan  program mudik gratis. Selain untuk memfasilitasi para pemudik, Dishub juga ingin meningkatkan angka keselamatan lalu lintas.

Kali ini, tujuan bus mudik gratis dari Dishub Kota Malang yakni di beberapa kota di Jawa Timur. Diantaranya yakni Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Mojokerto, Jombang, Lamongan, Madiun, dan Ponorogo. Kemudian juga ada tujuan Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Jember, dan Banyuwangi. Tujuan ke pulau Madura juga ada yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Mengenai pendaftaran, Dishub Kota Malang telah membuka pendaftaran sejak 15 April hingga 30 Mei 2019. Saat daftar, masyarakat hanya diminta membawa Fotokopi KTP dan Fotokopi KK. Ada dua jalur pendaftaran mudik gratis yaitu secara online dan offline. Meski demikian, verifikasi dokumen tetap dilakukan di kantor Dishub Kota Malang.

Meskipun pendaftaran dibuka hingga 30 Mei 2019, tapi jika kuota sudah terpenuhi maka pendaftaran akan ditutup. “Memang kami buka hingga 30 Mei, tapi kalau sudah penuh, kami terpaksa menutupnya,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Malang Muji Rahayu dilansir dari Tribunnews (2/5/2019).

Hingga saat ini, sudah ada sekitar 300 orang yang mendaftar program ini. Sementara itu, Dishub hanya menyediakan 18 bus dengan kapasitas masing-masing sebanyak 59 kursi.

Fasilitas yang diberikan untuk para pemudik ini diantaranya yaitu snack, goodie bag, dan bus executive yang dilengkapi AC, TV & karaoke. Angkutan mudik gratis ini kemudian akan diberangkatkan oleh Wali Kota Malang Sutiaji di Balai Kota Malang pada Jumat (31/5/2019) pukul 07.00 WIB mendatang.

Disisi lain, Dishub Kota Malang juga mengimbau kepada para calon penumpang angkutan mudik gratis ini untuk konsisten. Sebab menurut pengalaman ada pemudik yang tiba-tiba membatalkan keberangkatan.

“Artinya, jika memang mendaftar, ya harus berangkat. Pengalaman sebelumnya, ada yang mendaftar tapi tidak datang sehingga banyak yang kosong. Padahal banyak yang mengantri di belakang. Kan sayang sekali kalau begitu,” pungkasnya.

Jadi, sudah siapkan kamu untuk mudik lebaran tahun ini?


(AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.